Coffee Addict Wajib Tahu Hal Ini!


Sumber gambar: dokumen pribadi penulis

Coffee addict adalah istilah populer yang ditujukan kepada para pecandu atau penikmat kopi. Bagi mereka, mengonsumsi kopi setiap harinya sudah menjadi kebiasaan yang dapat menyenangkan dan memuaskan perasaan mereka.

Kopi merupakan minuman yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat luas, tak terkecuali di Indonesia. Mengonsumsi kopi setiap harinya sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian masyarakat, seperti halnya dengan saya sendiri. Terlebih lagi saat ini sudah banyak pihak yang menyediakan kopi dengan berbagai varian dan cita rasa. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para coffee addict.

Aroma khas yang enak yang dihasilkan dari kopi yang diseduh ini membuat para coffee addict, seperti saya, menjadi lebih tenang dan rileks.

Kopi ini termasuk minuman yang memiliki cita rasa yang khas dan juga didorong oleh faktor tradisi, sejarah, sosial serta kepentingan ekonomi sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat di dunia (Maulidan & Alam, 2018). Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kopi ini bisa memberikan kepuasan yang nikmat bagi para pecinta kopi.

Nah, setelah itu yuk kita cari tahu apa aja sih akibat dari mengonsumsi kopi secara berlebihan! Yang pertama kita mulai dari dampak positifnya terlebih dahulu.

Dampak positif mengonsumsi kopi

Kopi ini memiliki kandungan kafein yang tentunya bisa berpengaruh terhadap kondisi serta koordinasi tubuh kita. Kafein yang terkandung di dalam kopi tersebut bisa menstimulasi sistem saraf pusat sehingga mendorong kerja saraf yang nantinya bisa mengakibatkan pengaruh di semangat kerja menjadi bertambah, lebih cepat dalam berpikir, berkonsentrasi dan mengurangi kelelahan mental.

Hal ini juga sesuai dengan pendapat Siswoputro (Satyajaya, Rangga, & Nurainy, 2014) yang menyatakan bahwa ketika sesudah meminum kopi, kita itu biasanya bisa merasakan kesegaran pada psikisnya. Oleh karena itu, kafein di dalam kopi ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang jika masih dikonsumsi dalam batas yang sewajarnya.

Bila saya ringkas, mengonsumsi kopi ini bisa memberikan efek yang positif untuk kesehatan tubuh kita, yaitu antara lain:

  • Meningkatkan stamina dan rasa semangat

  • Meningkatkan mood atau memperbaiki suasana hati

  • Meningkatkan daya ingat jangka pendek

  • Mengurangi kelelahan mental

Dampak negatif mengonsumsi kopi secara berlebihan

Di samping kopi yang memiliki efek positif bagi para penikmatnya, ternyata mengonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini wajib diperhatikan oleh para coffee-addict.

  • Insomnia

Efek mengonsumsi kopi yang paling menonjol yaitu insomnia. Saya juga sering merasakan dampak tersebut. Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menganggu waktu tidur seseorang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein di dalamnya, di mana ketika kita mengonsumsi asupan kafein yang berlebihan, hal ini dapat mengurangi waktu tidur kita dan membuat tubuh tidak dapat tidur dengan nyenyak.

  • Gangguan pencernaan

Ternyata mengonsumsi kopi secara berlebihan juga dapat mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh kita. Gangguan pencernaan yang sering terjadi yaitu seperti diare dan sakit maag (asam lambung naik).

  • Denyut jantung menjadi lebih cepat

Hal ini dikarekan kandungan kafein di dalam kopi. Selain dapat meningkatkan stamina, kafein ini juga bisa menyebabkan denyut jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.

Tips mengonsumsi kopi dengan sehat

Nah, setelah mengetahui beberapa efek mengonsumsi kopi, berikut ada sedikit tips supaya kita bisa mengonsumsi kopi dengan baik dan aman, yaitu dengan cara:

  • Mengonsumsi kopi hitam polos (tanpa gula atau susu)

Mengonsumsi kopi hitam secara polosan tanpa adanya campuran gula atau susu ini merupakan jalan yang lebih sehat dan tepat. Walaupun rasanya yang pahit, ternyata kopi hitam memiliki manfaat yang banyak untuk jesehatan kita. Jika kita lihat orang luar negeri, mereka banyak yang mengonsumsi kopi hitam tanpa gula loh! Jadi, tidak perlu heran meskipun orang luar sering minum kopi tetapi mereka bisa sehat jasmani, tentunya diimbangi dengan pola makan dan olahraga yang teratur. Yuk, mulai sekarang mulai konsumsi kopi sewajarnya saja dan jangan lupa selalu mengonsumsi makanan seimbang dan olahraga yang teratur ya!

Daftar Pustaka

Maulidan, M., & Alam, T. S. (2018). Insomnia dan kecemasan pada masyarakat yang mengkonsumsi kopi. JIM FKEP , 3(3), 241-247.

Wisnu Satyajaya, A. R. (2014). Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dan Atribut Produk Kopi Instan Dalam Sachet. jurnal.fp.unila.ac.id, 300.

Siswoputro, P. S. 1993. Kopi Internasional dan Indonesia. Kanisius. Yogyakarta.

3 Likes