Cara Kerja Mesin 2 Tak/2 Langkah

Dalam menghasilkan tenaga mesin 2 langkah hanya membutuhkan 1x putaran crankshaft atau 1x tenaga. Langkah yang pertama adalah Proses dari TMB (Titik Mati Bawah) menuju ke TMA (Titik Mati Atas). Proses ini memiliki 2 langkah.

Langkah yang pertama adalah langkah kompresi. Langkah yang kedua adalah menghisap Udara/Gas/Oli dari karburator. Itulah kenapa motor 2 tak memerlukan Oli samping atau bensin campur untuk pembakaran mesinnya. Kedua langkah ini terjadi secara bersamaan, mesin menhisap dan mengkompresi. Itu adalah putaran piston dari TMB menuju TMA atau setengah putaran dari crackshaft.

truck-piston-1662497_640
Iustrasi: Gambar oleh Alexa https://pixabay.com/id/users/alexas_fotos-686414/ dari https://pixabay.com/id/photos/piston-truk-piston-mesin-1662497/

Langkah yang kedua adalah langkah usaha, dimana piston turun dari TMA menuju TMB. Proses ini juga memiliki 2 langkah. Langkah yang pertama adalah langkah usaha dimana bergeraknya piston dari TMA menuju TMB karena ledakan dari TMA. Pada saat piston menuju ke TMB, langkah yang kedua terjadi.

Langkah kedua yaitu langkah buang. Pada saat piston bergerak turun menuju TMB, piston juga mendorong bahan bakar dibawah piston untuk bergerak ke atas. Fungsi bahan bakar yang bergerak ke atas adalah untuk membersihkan sisa-sisa pembakaran yang terjadi pada TMA dan membuangnya melalui pipa pembuangan/knalpot.

Penjelasan kedua langkah diatas adalah penjelasan yang cukup sederhana, semoga dapat dipahami. Intinya adalah langkah pertama yang merupakan langkah setengah putaran crankshaft adalah proses pengubahan energi bahan bakar menjadi tenaga mekanis dan langkah kedua yang merupakan langkah usaha adalah proses pengulangan dan pembuangan dari langkah pertama.

Untuk lebih lengkap dapat mengunjungi video pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=mhEkQPw10K4