Strategi promosi merupakan hal yang diperlukan bagi pebisnis untuk menjalankan bisnisnya. Menurut definisinya, strategi promosi merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam bentuk manajemen pemasaran perusahaan. Promosi dilakukan untuk memberi informasi dan mempengaruhi target konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Kegiatan ini dapat mempengaruhi hasil penjualan suatu produk dan akan berdampak besar pada perusahaan.
Teknologi yang semakin maju tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik bisnis termasuk dalam hal melakukan promosi digital, mengapa? Promosi digital kini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas karena sekarang hampir seluruh masyarakat global merupakan pengguna internet, hal tersebut membuat strategi promosi digital lebih efektif dan mudah terutama bagi para pebisnis. Oleh sebab itu, agar bisnis dapat berkembang dengan baik maka diperlukan strategi promosi digital untuk mendukungnya.
Strategi promosi digital menjadi sangat penting bagi pebisnis karena teknik pemasaran ini dapat membantu memperkokoh nilai online dalam bisnis yang akan menunjukkan bahwa bisnisnya turut mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, membantu pemilik bisnis mengetahui target pelanggan dan mengetahui tingkat permintaan pelanggan serta memberikan instruksi yang tepat. Agar tidak tersaingi dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, pebisnis harus bisa memilih strategi yang tepat. Berbagai strategi promosi efektif di era digital dapat diterapkan dengan berbagai cara, misal :
-
Membuat Website/Blog
Pebisnis dapat menggunakan layanan blog gratis di internet untuk mempromosikan produknya.
2. Memanfaatkan Social Media
Dengan perkembangan teknologi komunikasi global, media sosial telah menjadi sarana komunikasi antara pebisnis dan pembeli yang membuat komunikasi menjadi mudah, cepat dan efisien.
3. Membuat Vlog
Pebisnis juga dapat menerapkan promosi penjualan menggunakan vlog atau video aktivitas melalui gambar dan video.
4. Advertising atau Membuat Iklan
Terdapat beberapa cara dalam melakukan promosi menggunakan iklan.
(a) Iklan dalam video sehingga produk dapat ditampilkan secara detail.
(b) Memasang iklan di situs web atau sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dll.
5. Sales Promotion
Strategi promosi penjualan ini berbentuk diskon, bonus, perlombaan dan lain-lain yang meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.
6. Brand Ambassador / Endorse
Dampak menggunakan brand ambassador pada strategi pemasaran meningkat karena maraknya media sosial melalui penggunaan endorser dengan banyak pengikut.
Proses promosi yang tepat bisa menarik banyak pelanggan untuk membeli produk, sehingga penjualan meningkat dan perusahaan memperoleh keuntungan yang tinggi. Oleh sebab itu, pebisnis pun perlu memperhatikan beberapa hal saat menyusun strategi pemasaran digital. Hal apa saja yang perlu diperhatikan?
- Penyusunan dan identifikasi kerangka waktu pelaksanaan strategi pemasaran serta aktivitas yang akan dilakukan sesuai indikasi.
- Memahami produk yang dibutuhkan sesuai dengan karakteristik konsumen.
- Mempelajari pesaing untuk memperoleh strategi yang lebih unik.
- Memilih media yang tepat untuk promosi.
Memanfaatkan strategi promosi merupakan suatu keharusan bagi pebisnis, terlebih dengan penggunaan teknologi digital yang membuat promosi menjadi sangat efektif dan mudah. Dalam menerapkan strategi promosi, penting bagi pebisnis untuk memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pengelolaan bisnisnya. Beberapa strategi promosi di atas merupakan strategi yang cocok digunakan oleh para pebisnis di era digital. Jadi, pastikan untuk memilih strategi yang tepat dan sesuai.
Sumber :
https://www.jurnal.id/id/blog/5-strategi-promosi-penjualan-yang-efektif-di-era-digital/