Berawal dari iseng-iseng menjadi hobi yang menghasilkan

image

Azib adalah remaja 22tahun yang memiliki usaha shoes care/cuci sepatu,Berawal dari gemar mengoleksi sepatu original azib pun suka memakainya hampir setiap hari untuk kuliah maupun bermain. Akibat ia sering memakai sepatu itu, sepatu menjadi kotor dan lecek,ia pun jadi sering mencuci sepatunya setiap setelah dipakai bermain sampai ia pun dijuluki “mbahrenggo” kalau diartikan Bahasa jawa KUMBAH GARING DINGGO.
Dari kebiasaan Azib sering mencuci sepatunya setelah dipakai, azib pun diberi ide oleh temanya yang satu hobi mengoleksi sepatu untuk membuka cucian sepatu/shoes care. Sebenarnya azib masih belum yakin atas ide temanya itu,tapi azib juga berfikir kalau bisa menghasilkan mengapa tidak.
Bermodal nekat Azib pun melakukan ide temanya tadi dengan diawali membeli alat cuci sepatu. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah premium brush , standar brush , sikat bulu kuda , micro viber , shoes clean ,parfum sepatu dan silica gel. Dan ia pun mulai mebuka usahanya tersersebut di ruko bapaknya yang beralamatkan di Poggung Yogyakarta, usaha pertama di tahun 2018 itu pun diberi nama “cleand and clear shoes” dan usaha itu pun berjalan lancar sampai saat ini. Dan pada awal tahun 2020 Ia pun sempat berganti nama menjadi “GLOWING SHOES”. Azib pun memasarkan usaha cuci sepatunya lewat Instagram , influencer ,dan brosur Dan membuahkan hasil yang lumayan untuk azib.
Proses pengerjaanya pun lumayan singkat hanya membutuhkan waktu satu sampai dua hari saja, dan harganya pun relatif murah yang dibandrol mulai dari 20ribu sampai 50ribu saja. Selain mencuci sepatu azib pun juga menerima repaint sepatu(cat ulang) dan dibandrol harga mulai dari 40ribu sampai 70ribu.
Azib pun menjelaskan cara mencuci sepatu menurut metode dia. Pertama-tama kita menyiapkan alat dan bahan yang telah di sebutkan tadi terlebih dahulu, siapkan juga air satu gayung dan selembar lap. Lalu lepas tali sepatu dan insole bila ada. Step selanjutnya sikat pada bagian midsole menggunakan premium brush dan cairan shoes care yang dicampur sedikit air, lalu langsung lap bagian midsole dengan lap tadi . Step kedua sikat bagian canvas sepatu menggunakan standar brush yang dibasahi dengan cairan shoescare yang dicampur air , dan di lap lagi menggunakan micro viber. Step selanjutnya sikat bagian sepatu dalam menggunakan alat dan bahan yang sama pada step kedua, Lalu angin anginkan kurang lebih 6 jam . Setelah diangin-anginkan selama 6m jam lalu semprotkan parfum sepatu pada bagian dalam dan luar sepatu , lalu pasang Kembali tali dan insole sepatu.
Itulah sedikit cerita atau ulasan tentang hobi azib yang berawal dari iseng iseng menjadi hobi yang menghasilkan. Jadi kesimpulanya, kita jangan segan segan mengembangkan bakat atau hobi kita siapa tau menghasilkan seperti dari cerita azib yang berawal dari iseng. Semoga cerita dari azib bisa menginspirasi generasi muda untuk mengembangkan hobi mereka.

1 Like