Belajar Cerdas Berbasiskan Otak

Taukah anda bahwa otak merupakan organ yang menakjubkan yang dimiliki oleh manusia,otak adalah organ yang menjadi pembeda antara manusia dan makhluk lainnya dengan dikaruniai otak manusia menjadi makhluk yang paling unggul di sejarah peradapan dari masa ke masa.

pernahkah anda mendengar kalimat seperti ini “Otak merupakan jati diri kita” kalimat tersebut memiliki makna yang mendalam mari kita ambil sebuah contoh sederhana : Misalkan Jika jantung orang Cina ditransplantasikan ke dalam dada Anda, bisa jadi Anda merasa lega. Dada Anda tidak sakit lagi dan napas Anda pun tidak sesak lagi. Tetapi Anda tidak akan tiba-tiba menyapa saya “Ni haw ma?” dengan intonasi yang benar. Anda masih tetap Anda yang dahulu, sebelum operasi jantung. Sekiranya otak Anda rusak, sekiranya Anda dapat membeli otak saya dan mencangkokkannya di bawah batok kepala Anda, masihkah Anda adalah Anda yang dahulu? Jawabannya tidak. Anda sekarang menyimpan memori saya,kenangan-kenangan indah yang pernah saya alami, pikiran-pikiran genius (geer nih!) yang pernah saya simpan, dan rencana-rencana gila yang pernah saya buat. Itu berarti Anda sudah menjadi saya. Transplantasi otak telah mengubah diri Anda. Otak, yang bisa disimpan dengan rapi di atas dua telapak tangan kita, adalah organ yang merupakan “jati diri” kita.

Saran-Saran Praktis dalam Belajar Cerdas

  1. Mulailah pelajari mekanisme otak kita dan menyesuaikan cara belajar kita dengannya.
  2. Karena otak sangat dipengaruhi makanan, maka makanlah makanan yang bukan saja menyehatkan tetapi juga mencerdaskan otak Anda.
  3. Karena olahraga dapat menghasilkan “faktor” pertumbuhan yang mendorong percabangan dendrit, belajarlah dengan banyak bergerak. Tinggalkan cara belajar “kuno” dengan menghafal sambil duduk selama berjam-jam.
  4. Pelajarilah selalu hal-hal baru pecahkan masalah-masalah baru, atau hidup dalam lingkungan baru. Dalam buku ini, pelajarilah

Mari Kita bahas satu persatu

  1. Mulailah pelajari mekanisme otak kita dan menyesuaikan cara belajar kita dengannya.

Marilah kita pelajari otak dengan mengikuti penjelasan Robert Ornstein dan Richard F. Thompson dalam The Amazing Brain: Ukurannya hanya sebesar buah anggur. Beratnya kira-kira sama dengan berat sebutir kol. Inilah satu-satunya organ yang tidak bisa kita cangkok dan kita tetap adalah diri kita sendiri.

Data Otak Manusia :

  • Kira-kira beratnya 1,5 kg
  • 78% air, 10% lemak, 8% protein
  • Kurang dari 2,5% berat tubuh
  • Menggunakan 20% energi tubuh
  • 100 miliar neuron
  • 1 triliun sel glial
  • 1000 triliun titik sambungan sinaptik
  • 280 kuintiliun memori

Otak mengatur seluruh fungsi tubuh; mengendalikan kebanyakan perilaku dasar kita,makan, tidur, menghangatkan tubuh. Otak bertanggung jawab atas semua kegiatan kita yang sangat canggih menciptakan peradaban, musik, seni, ilmu, dan bahasa. Harapan-harapan kita, pikiran kita, emosi kita, dan kepribadian kita semua dionggokkan di satu tempat di dalamnya. Setelah ribuan ilmuwan mempelajarinya selama berabad-abad, hanya ada satu kata untuk menggambarkan menakjubkan.

Penjelasan Profesor Diamond ( peneliti otak terkemuka) yang terakhir ini menumbangkan mitos-mitos yang selama berabadabad dipercayai para ilmuwan dan orang awam sekaligus; yakni, otak kita tidak bisa kita ubah. Mitos pertama mengajari kita bahwa otak sepenuhnya ditentukan secara genetis, karena keturunan. Mitos kedua mengatakan bahwa otak kita mengerut dalam perjalanan waktu, karena ketuaan. Mitos-mitos ini dipertahankan oleh para ilmuwan, karena selama berabad abad otak seperti kata neurolog Inggris tersembunyi di dalam “kotak yang relatif tidak bisa ditembus, batok kepala”. Sekiranya otak diteliti, ia hanya diteliti ketika otak itu sudah tidak bekerja lagi, sudah mati. Orang-orang awam mempertahankan mitos-mitos itu bukan karena tidak bisa meneliti, tetapi karena kepentingan. Mitos pertama otak ditentukan oleh keturunan dipertahankan oleh anak-anak kitayang gagal belajar: “Aku gagal karena memang otakku warisan dari orangtuaku. Mereka juga kayak begitu!” Mitos kedua dipertahankan oleh orangtua: “Anakku, kalau aku gagal belajar, ketinggalan sama kamu, itu karena faktor usia. Makin tua, makin lemah daya ingatku.”

Para ilmuwan mulai meragukan mitos-mitos itu karena penemuan-penemuan baru dalam teknologi otak. Pertama kali muncul computerized tomography (CT, semula disebut CAT), scanner yang menggunakan sinar X untuk memperoleh gambar bagian-bagian struktur otak secara terperinci. Alat ini dapat mendeteksi stroke, kanker, atau kelainan, tetapi tidak dapat mengungkapkan fungsi otak. Kemudian diciptakan positron emission tomography (PET). Gula diinjeksikan pada pasien untuk melacak aliran darah pada otak. Ketika Anda bersenandung, berlari, atau bersemedi, tempat-tempat (area) otak tertentu diaktifkan, dicatat oleh PET dan dilaporkan dalam bentuk gambar. Teknologi mutakhir seperti, antara lain, magnetic resonance imaging (MRI) yang menggunakan gelombang radio dan functional magnetic resonance imaging (fMRI) yang mengungkapkan kegiatan otak dengan mengukur arus peredaran darah, dapat memperlihatkan film tentang kegiatan otak ketika melakukan berbagai tugas seperti membaca, menonton, atau menari.Dengan alat-alat itu, sekarang cara bekerjanya otak dapat diamati dengan cermat. Pada saat yang sama, peneliti juga telah menemukan neurotransmiter, keluarga zat-zat kimia yang merangkaikan berbagai fungsi otak. Dengan diketahuinya mitos mitos tersebut kita menjadi lebih mengerti tentang sistem kerja otak agar kita bisa menggunakan otak semaksimal mungkin.

  1. Karena otak sangat dipengaruhi makanan, maka makanlah makanan yang bukan saja menyehatkan tetapi juga mencerdaskan otak Anda.

Semua makanan yang baik buat otak itu kita sebut “brain booster”, pengungkit otak. Semua makanan yang merusak otak kita sebut “brain buster”, penghancur otak.

Di bawah ini saya sampaikan kepada Anda ikhtisar dari saran-saran Carper untuk Anda memanfaatkan makanan agar Anda belajar cerdas. Sepuluh saran berikut ini disebut Carper sebagai “Ten Top Strategies”.

  • Makanlah multivitamin.

Bukti-bukti menunjukkan bahwa makan berbagai vitamin dan mineral secukupnya adalah cara memelihara otak yang baik. Multivitamin dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan intelektual dan kesejahteraan emosional di semua tingkat usia. Perempuan yang hamil harus mengambil multivitamin dengan nasihat dokter untuk melahirkan bayi yang sehat sebanyak setengah dari jumlah anak-anak sekolah menaikkan score IQ-nya karena mengkonsumsi multivitamin, menurut Dr. David Benton, peneliti terkemuka dari Inggris. Multivitamin juga sangat diperlukan oleh orang tua yang memerlukan lebih banyak bahan gizi untuk menunjang otak yang menua. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang makan banyak vitamin dan mineral selama bertahun-tahun punya fungsi kognitif yang lebih baik dan merasa lebih bahagia. Vitamin B misalnya sangat penting untuk merawat otak yang menua dan mencegah demensia dan depresi pada usia tua. (Peringatan: Penggunaan multivitamin yang berlebihan dapat menimbulkan efek yang tidak dikehendaki. Selalu konsultasikan dengan dokter.)

  • Makanlah vitamin antioksidan. Mengambil pil multivitamin mineral saja tidaklah cukup. Kebanyakan multivitamin tidak mengandung vitamin E dan vitamin C yang melindungi otak dalam jumlah yang cukup. Apalagi mengandung zat yang penting seperti asam alfa lipoik dan koenzim Q10. Dalam beberapa penelitian, orang yang hanya makan multivitamin mengalami penurunan dalam fungsi kognitif ketika menua, sementara mereka yang mengambil dosis tinggi antioksidan, seperti vitamin E, tidak. Dalam studi mutakhir, tidak satu pun orangtua yang makan tablet vitamin E atau vitamin C menderita penyakit Alzheimer. Paling baik kalau Anda mengambil beberapa antioksidan sekaligus, kata Dr. Lester Packer dari University of California, Berkeley, karena antioksidan itu tidak bekerja sendirian. Kekuatan antioksidan akan menjadi lebih kuat bila mereka digunakan bersama-sama.
  • Makanlah makanan yang mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi.

Ini berarti buah-buahan dan sayuran yang dipenuhi berbagai antioksidan sebagian antioksidannya malah mungkin belum diketahui. Penelitian di Tufts menunjukkan bahwa binatang yang diberikan makanan antioksidan tinggi, lebih lambat dalam kerusakan otaknya, lebih tinggi kemampuan mentalnya, dan lebih mampu mengembalikan kehilangan memorinya dalam usia tuanya. Sangat menakjubkan bahwa buah-buahan dan sayuran dapat meremajakan otak. Umumnya buah-buahan yang kaya dengan antioksidan berwarna cerah. Jika camilan Anda berupa anggur, apel, prem, kismis dan bukannya keripik kentang Anda dapat meningkatkan kemampuan intelektual dan kebahagiaan emosional Anda.

  • Minumlah teh.

Agak sulit untuk menguraikan dengan lengkap tentang kekuatan yang menakjubkan dari minuman biasa seperti teh dalam melindungi sel, termasuk sel otak dari kerusakan seperti yang sering disampaikan oleh Dr. John Weisburger, peneliti di American Health Foundation: teh harus menjadi minuman nasional kita. Minum teh adalah cara termudah dan tercepat untuk memasukkan antioksidan ke dalam tubuh dan otak. Simpanlah satu kantung teh di dalam cangkir dengan air mendidih dan biarkanlah teh itu diserap selama lima menit kemudian minumlah. Dalam waktu singkat Anda telah memasukkan 1.200 ORAC antioksidan, kira-kira sepertiga sampai seperempat dari jumlah yang disarankan untuk kebutuhan harian. Es teh juga berguna. Tetapi dan ini penting anda tidak akan memperoleh jumlah antioksidan yang cukup dalam teh botol atau teh yang sudah jadi tepung, menurut analisis Tufts. Saran: cobalah mengganti paling tidak secangkir kopi setiap hari dengan secangkir teh.Minumlah es teh sebagai pengganti soft drink. Pesanlah es teh di restoran, setelah Anda minta agar air teh itu dibuat dari teh yang segar.

  • Hindari lemak yang buruk. Anda boleh jadi memiliki otak yang sempurna pada saat Anda dilahirkan dan menghancurkan seluruh arus komunikasinya dengan memakan jenis lemak yang keliru di setiap tingkat usia, sejak kelahiran, masa kanak-kanak, remaja, usia dewasa, sampai manula. Otak Anda tidak dapat berfungsi optimal pada makanan yang mengandung lemak keliru.Barangkali yang paling membahayakan sel otak adalah lemak jenuh hewani yang begitu banyak terdapat dalam makanan cepat saji, seperti burger. Tidak meragukan lagi binatang yang diberikan makanan dengan lemak jenuh lebih bodoh dengan memori dan kemampuan belajar yang rusak. Lemak hewani, menurut penelitian lain, merusak konfigurasi membran sel saraf, melumpuhkan pertumbuhan sinapsis, dan mengguncangkan biokimia dari neurotransmiter—pembawa pesan dalam otak. Sama berbahayanya terhadap sel adalah minyak goreng yang terlalu “polyunsaturated” seperti minyak jagung (atauyang disebut omega-6). Omega-6 dapat menimbulkan rangkaian peradangan kronis di dalam jaringan otak yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan otak, serangan otak, dan penyakit Alzheimer.Memakan asam lemak yang terdapat dalam makanan yang diolah seperti margarin, donat, kentang cepat saji juga dapat merusak pembuluh darah yang akhirnya merusak sirkulasi darah ke dalam otak.
  • Ambillah minyak ikan yang mengandung omega-3, dengan memakan ikan atau suplemennya. Lemak yang paling dibutuhkan adalah apa yang disebut omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan. Inilah bahan dasar yang membentuk otak Anda. Tanpanya, sel-sel otak Anda mungkin tidak dapat berfungsi secara optimal. Otak yang tumbuh dalam rahim, masa bayi dan masa kanak-kanak—sangat memerlukan minyak ikan omega-3 untuk membangun arsitektur saraf dan “pengkabelan” biokimia. Kegagalan memperoleh omega-3 yang cukup pada tahap perkembangan awal dapat berakibat pada rendahnya IQdalam kehidupan selanjutnya. Begitu pula otak orang dewasa tidak akan mencapai potensinya yang tertinggi tanpa pasokan asam lemak omega-3. Lemak seperti itu diperlukan untuk menumbuhkan dendrit dan sinapsis, melancarkan mekanisme neuron untuk mengolah pesan ke seluruh otak. Salah satu jenis minyak ikan, yang disebut DHA, terbukti meningkatkan kekuatan otak, memori, dan pembelajaran serta mencegah dan mungkin mengobati penyakit Alzheimer. Omega-3 juga membuat otak Anda merasa nyaman. Omega-3 meningkatkan rasa senang dan karena itu mencegah dan menyembuhkan depresi. Saran: makanlah ikan berlemak dua kali seminggu—atau satu atau dua ons sehari cukup untuk membahagiakan sel otak. Sebagai alternatif, ambillah suplemen minyak ikan terutamayang berjenis DHA.
  • Ambillah suplemen yang memacu kinerja otak. Ketika Anda menua, otak Anda memerlukan pemacu untuk mengatasi menurunnya memori, yang mungkin terjadi karena turunnya kegiatan neurotransmiter atau kerusakan neuron akibat penyakit atau serangan rutin dari zat radikal bebas. Ada beberapa suplemen di toko-toko yang dapat meremajakan kegiatan sel otak Anda. Favorit para peneliti adalah Gingko Biloba, yang dapat mencegah kehilangan memori karena usia. Suplemen lainnya adalah phosphatidylserine atau PS, dikenal dapat merangsang produksi neurotransmiter yang berhubungan dengan memori; yakni asetilkolin, yang boleh jadi menurun ketika kita bertambah tua.
  • Hati-hati dengan gula termasuk gula darah. Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat tertentu tidak bagus bagi otak pada usia mana pun. Kelebihan gula dapat menimbulkan “resistansi insulin”, yang menaikkan gula darah atau glukosa di atas normal dan juga menyebabkan kerusakan permanen pada sel otak, yang menimbulkan malfungsi dan kematian. Tetapi karena otak berjalan diakibatkan oleh energi yang diperoleh dari kebanyakan karbohidrat, sangat penting untuk menyediakan glukosa dalam jumlah yang tepat untuk otak pada setiap saat, guna meningkatkan memori, belajar, dan fungsi kognitif lainnya.
  • Batasi kalori, turunkan berat. Kelebihan berat badan tidak bagus untuk otak. Kelebihan berat badan menimbulkan resistansi insulin, tekanan darah tinggi, dan mungkin diabetes yang mengakibatkan kerusakan memori, kecepatan penuaan, dan penghancuran sel-sel otak. Salah satu cara yang pasti untuk memperlambat proses menua dengan menyelamatkan otak dan organ lainnya dari kerusakan radikal bebas, adalah mengurangi kalori.
  • Peliharalah dirimu baik-baik. Cara Anda menghadapi kehidupan yang lebih tenang dapat mengurangi stres mental, yang biasanya membanjiri otak dengan adrenalin dan zat-zat kimia lainnya yang muncul karena stres. Ini semua dapat menimbulkan kerusakan pada neuron. Olahraga, seperti dibuktikan oleh penelitian mutakhir, meningkatkan arus darah ke otak dan bahkan menaikkan kegiatan mental pada bagian tertentu otak. Membebaskan pembuluh darah dari penggumpalan dan perusakan juga sangat penting untuk memelihara fungsi otak. Rangsanglah otak Anda dengan belajar dan melakukan hal-hal baru. Olahraga mental seperti itu dapat mendorong tumbuhnya koneksi-koneksi otak yang baru, dan memperbesar memori dan kemampuan belajar. Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa otak Anda tumbuh dan berubah setiap saat. Ia berkembang subur karena rangsangan, latihan, pendidikan, dan makanan serta suplemen yang tepat.
  1. Karena olahraga dapat menghasilkan “faktor” pertumbuhan yang mendorong percabangan dendrit, belajarlah dengan banyak bergerak. Tinggalkan cara belajar “kuno” dengan menghafal sambil duduk selama berjam-jam.

Saran untuk cerdas menggunakan gerakan menurut Carla Hannaford

Sebagaimana anak-anak kecil mengembangkan sel-sel otak mereka dengan banyak bergerak, Anda juga harus memasukkan gerakan dalam proses pembelajaran Anda. Misalnya, selangilah kegiatan membaca buku dan kegiatan belajar lainnya sebelum, ketika, sesudah, belajar

  • Dengan meregangkan tubuh, menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, melakukan olahraga mata, berdiri duduk, berjalan jalan

  • Menggerak-gerakkan tangan yang halus: mencoret-coret, melukis, memukul-mukul lembut, menutup dan melepaskan jemari, tangan kanan menepuk pundak kiri, dan tangan kiri menepuk pundak kanan dan sebagainya,

  • Menggerak-gerakkan kaki: menekuk dan meluruskan, berjalan di tempat, memutar telapak kaki bergiliran, melakukan gerakan silang (cross laterals) seperti menyentuh ibu jari kaki kanan dengan jemari kiri dan sebaliknya. Anda dapat belajar sambil melakukan kegiatan lain yang menggerakkan tubuh Anda, seperti mendengarkan kuliah sambil merajut, seperti yang dilakukan mahasiswi Hannaford dalam kisah yang disampaikan di muka, atau (ini ekstrem) mematah-matahkan pensil seperti yang dilakukan seorang anak kinestetik di SMA Plus Muthahhari. Tentu saja, kalau Anda belajar di ruangan kelas bersama banyak orang, kegiatan fisik lainnya itu tidak boleh mengganggu orang lain. Anda harus melakukan kegiatan olahraga secara rutin setiap hari. “Sebagaimana gerakan jasmani membentuk otot, jantung, paru-paru, serebelum, gerakan jasmani juga memperkuat basal ganglia, serebelum, corpus callosum, daerah-daerah kunci dalam otak.”Dalam laporan James Pollatscheck dan Frank Hagen disebutkan bahwa, “Anak-anak yang melakukan pendidikan jasmani setiap hari menunjukkan kebugaran gerak, prestasi akademis dan sikap sekolah yang unggul dibandingkan dengan lawannya yang tidak melakukan penjas (pendidikan jasmani) harian.” Dalam laporan proyek Vanves and Blanshard di Kanada, menjadikan waktu penjas sepertiga dari seluruh waktu sekolah menaikkan skor akademis secara menakjubkan. Dalam mengikuti pelajaran di sekolah, Anda harus terlibat dalam kegiatan-kegiatan seni seperti menari, musik, drama, dan seni rupa. Seharusnya, sekolah mengurangi banyak pelajaran seperti yang tercantum dalam kurikulum dan menggantinya dengan pelajaran seni yang memungkinkan murid banyak bergerak. Alkisah, di Aiken, South Carolina, skor tes SD Redcliffe berada di kelompok 25 persen terbawah di wilayah itu. Setelah kesenian dimasukkan dalam kurikulum dengan jumlah yang banyak, ranking sekolah itu naik pada 5 persen teratas dalam 6 tahun. Dan ini kisah di negeri ini, anak-anak SMA Plus Muthahhari yang banyak aktif dalam kegiatan teater dan menari mempunyai prestasi akademis di atas anak-anak yang tidak aktif. Masih di ruangan kelas, guru seharusnya memberikan pelajaran dengan permainan, games, drama, teater, serta memberikan peluang kepada anak-anak untuk bergerak. Pelajaran seni bukan saja mencerdaskan otak, tetapi juga mengobati stres dan membuat anak menjadi lebih bahagia. Memang ada hubungan yang sangat erat antara serebelum dengan pusat kesenangan dalam sistem emosional kita. Seni telah membuat belajar menjadi menyenangkan, dan learning is fun!

  1. Pelajarilah selalu hal-hal baru pecahkan masalah-masalah baru, atau hidup dalam lingkungan baru.

Saran-Saran David Sousa untuk Menggunakan Hal-Hal Baru (Novelty) dalam Sebuah Pembelajaran David Sousa, penulis How the Brain Learns, memberikan tip-tip menarik agar sebuah pembelajaran terus memberikan suasana baru bagi siswa. Karena otak menyukai tantangan dan hal-hal baru, sebuah pembelajaran hanya akan menggairahkan apabila tidak monoton. “Menggunakan hal-hal baru tidak berarti bahwa seorang guru harus menjadi pelawak, dan Anda tidak harus menyulap ruangan kelas menjadi arena sirkus,” tulis Sousa. “Hal-hal baru di sini secara sederhana berarti menggunakan berbagai pendekatan pengajaran yang lebih mengutamakan lebih banyak kegiatan yang harus dilakukan oleh murid.” Berikut ini adalah beberapa saran Sousa untuk memasukkan hal-hal baru ke dalam proses pembelajaran Anda.

  • Humor.

Banyak sekali keuntungan positif yang bisa didapatkan dengan menggunakan humor di dalam kelas, untuk semua tingkat. Pergerakan. Ketika kita duduk diam selama lebih dari dua puluh menit, darah di dalam tubuh terkumpul di pantat serta kaki kita. Dengan bangkit dan bergerak, kita melancarkan aliran darah. Dalam satu menit saja, kita akan memiliki sekitar 15 persen lebih banyak darah di dalam otak. Kita benar-benar bisa berpikir lebih jernih sambil berdiri daripada sambil duduk! Anak-anak kadang-kadang duduk terlalu lama di dalam kelas, terutama di sekolah-sekolah menengah. Carilah jalan untuk membuat mereka bangkit dan bergerak, terutama di saat mereka harus melatih secara verbal apa yang baru saja mereka pelajari.

  • Pengarahan multi-indrawi. Anak-anak masa kini sudah terbiasa dengan lingkungan yang multi-indrawi (melibatkan seluruh indra). Mereka akan lebih tertarik untuk memperhatikan pelajaran jika tersedia objek visual yang menarik serta berwarna-warni, serta jika mereka bisa berjalan jalan di sekeliling kelas dan membicarakan pelajaran yang mereka dapat. Kuis dan permainan. Mintalah murid-murid untuk membuat sebuah kuis atau permainan untuk saling menguji kemampuan mereka tentang konsep-konsep yang telah diajarkan. Ini merupakan strategi umum yang sering diterapkan di kelas-kelas dasar, tetapi jarang digunakan di sekolah-sekolah menengah. Selain menyenangkan, permainan serta kuis memiliki nilai tambah, dalam artimengharuskan murid-murid untuk berlatih dan mengerti sebuah konsep sebelum mereka bisa membuat pertanyaan-pertanyaan kuis beserta jawabannya. (Untuk pelajaran bahasa, sebagai contoh, kuis “Komunikata” dapat diterapkan sesekali.)

  • Musik.

Meskipun penelitian ini masih tidak memiliki bukti-bukti lengkap, terdapat beberapa keuntungan jika kita memainkan musik di dalam kelas pada waktu-waktu tertentu selama pelajaran.