Bangsa dan bahasa austronesia

BANGSA DAN BAHASA AUSTRONESIA

Bahasa merupakan bunyi-bunyi yang merupakan anak kandung dari peradaban. Banyak sekali jenis bahasa yang muncul. Sejatinya bahasa merupakan tanda pengenal suatu kaum, bukan hanya itu saja bahasa sendiri merupakan pembentuk karakter. Dari bahasa kita juga dapat mengetahui jejak-jejak sejarah terdahulu. Pada bahasan kali ini akan membahas bahasa Austronesia. Austronesia mengacu pada sebuah wilayah geografis dimana para penduduknya menuturkan bahasa-bahasa Austronesia. Bahasa Austronesia ialah rumpun bahasa yang penyebarannya begitu luas, mulai dari daerah Taiwan dan Hawaii di ujung utara, sampai Selandia Baru di ujung selatan dan dari Madagaskar di ujung barat, sampai Pulau Paskah/Rapanui di ujung timur. Austronesia memiliki arti “Kepulauan Selatan” yang berasal dari bahasa Latin: Austrālis yang berarti selatan dan bahasa Yunani: nêsos (jamak: nesia) yang berarti pulau.

Dari sudut pandang seorang pengetahuan sejarah bahasa, bangsa maupun bahasa Austronesia ini bersumber dari Taiwan karena di dalam pulau ini telah ditemukan bagian bahasa Austronesia yang berasal dari rumpun Formosa asli. Banyak yang menduga-duga bahwa terdapat banyak dari cabang di selang bahasa Taiwan, sekitar 9 Bahasa. Bangsa Austronesia ini telah bermukim di daerah Taiwan sekitar delapan ribu tahun yang lalu. Analisis kebahasaan dari bahasa Austronesia yang telah berhenti pada pesisir barat di Taiwan. Bahasa Austronesia yang pernah dipercakapkan berada di daratan Cina tidak dapat bertahan. Bahasa Austronesia ini terdiri dari bahasa yang menyerupai serta terjadi komunikasi yang ketat yang berkesinambungan dengan dialek yang akbar sehingga akan sulit untuk dapat mengenali batas yang berada di selang cabang.

photo_2021-12-24_10-13-35

Keberagaman genealogis terbesar telah ditemukan pada bahasa yang berasal dari Taiwan, yaitu bahasa Austronesia. Bahasa Austronesia sendiri juga telah dilakukan pembagian golongan dan penggolongan tersebut diajukan oleh Blust. Banyak sekali penggolongan yang telah diajukan dari segala jenis penggolongan yang diajukan dalam pakar bahasa Formosa juga dilakukan pertentangan namun alih-alih penggolongan ini berada dalam garis akbar, sehingga tetap dijadikan sebagai titik referensi sebagai analisis pengetahuan bahasa. Jadi dapat diamati bahwasanya terdapat Sembilan cabang utama dari bahasa Austronesia, dari kesembilan bahasa tersebut merupakan bahasa-bahasa Formosa.

Referensi:

http://p2k.itbu.ac.id/id3/3070-2950/Austronesia_25808_ensiklopedia-dunia-q-itbu.html