Apa itu pembelajaran mind mapping?

APA ITU PEMBELAJARAN MIND MAPPING ?

Sebelum kita mengetahui apa itu pembelajaran mind mapping sebaiknya kita mengetahui apa itu pembelajaran.Menurut Susanto (2013) pembelajaran merupakan perpaduan dari dua aktivitas belajar dan mengajar.Sedangkan menurut UU no. 20 pembelajaran diartikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Setelah kita mengetahui apa itu pembelajaran selanjutnya adalah pengertian mind map.Menurut Buzan (2005) Mind Map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secarah harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita.Sedangkan menurut Swadarma (2013) Mind Map adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membuat kesan.Jadi pembelajaran mind mapping adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan model mencatat kata kunci dan menggambarnya.

Apa sih manfaat pembelajaran menggunakan mind mapping ?

  • Melatih siswa untuk memahami berbagai informasi penting
  • Meningkatkan ketelitian
  • Meningkatkan kemampuan memahami
  • Meningkatkan kreativitas
  • Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail
  • Materi yang sulit dapat lebih mudah dipahami dan dikuasai.

Kelemahan pembelajaran mind mapping menurut Yuliatul dalam Guspriyanto (2012: 23) antara lain :

  • Waktu terbuang untuk menulis kata-kata yang tidak memiliki hubungan dengan ingatan.
  • Waktu terbuang untuk membaca kembali kata-kata yang tidak perlu (kurang lebih 90%).
  • Waktu terbuang untuk cari kata kunci pengingat.
  • Hubungan kata kunci pengingat terputus oleh kata-kata yang memisahkan.
  • Kata kunci pengingat terpisah oleh jarak.

Tata cara pembelajaran Mind Mapping

  1. Menyampaikan kompetensi dan memberikan penjelasan singkat mengenai materi pembelajaran.
  2. Membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk membuat Mind Mapping.
  3. Siswa bekerja dalam kelompok membuat Mind Mapping.
  4. Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
  5. Membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah berlangsung.
  6. Memberikan evaluasi pada akhir pembelajaran.

Referensi
Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177-182.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

1 Like