Analisis komponen makna pada kata “keluarga” dalam film nanti kita cerita tentang hari ini

Ashya Nurvita Mardani

Film ialah salah satu media digital yang aktif digunakan untuk penyampaian suatu pesan dan moral karena salah satu keunggulan yang didapatkan dari film yaitu apa yang ingin disampaikan kepada penonton dapat diresapi dan diterima dengan mudah. Perfilm-an di Indonesia sudah banyak sekali mengangkan suatu fenomena yang ada di masyarakat baik yang dinilai masih tabu dan yang dinilai sangat banyak ditinggalkan oleh masyarakat yaitu salah satu fenomena yang seringkali diacuhkan oleh masyarakat yaitu adanya film mengenai keluarga. Keluarga menjadi salah satu tema yang kerapkali digunakan dalam perfilm an di Indonesia karena tema mengenai keluarga sangat memiliki kaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut kemudian dibuktikan banyaknya orang yang menonton film dengan bertemakan keluarga ini salah satu yang paling fenomenal yaitu Film berjudul “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”, yang saat itu tembus kepada 2 juta penonton pada tahun 2020. Hal tersebut membuktikan bahawa peminat dari film keluarga di Indonesia sangatlah tinggi karna penonton yang menonton film keluarga merasakan relate dengan kondisi yang ia rasakan.Apabila dilihat dari kehidupan sosial maka keluarga sendiri mempunyai dua tipe pola yaitu diantaranya ada yang disebut dengan keluarga yang tradisional dan keluarga yang modern, golongan tersebut dibentuk secara kelompok karena adanya pengaruh dalam interaksi lingkungan sosialnya. Adanya keluarga yang modern tentu saja tidak terlepas dari perkembangan zaman yang modern pula yang kerapkali mengarah kepada perkembangan teknologi akan tetapi sebenarnya cakupannya lebih luas lagi bisa merujuk kepada perkembangan ekonomi serta sosial dan juga budaya. Adanya golongan atau kelompok keluarga tradisional dengan keluarga modern didukung karena adanya perkembangan peradaban yang semakin hari semakin maju.
Adapun salah satu ciri dari keluarga yang modern yaitu adanya kebebasan dalam memilih pasangannya dan dapat terciptanya kesejahteraan serta ksetaraan antara suami dan juga istri. Adanya kesetaraan ini memang menjadi suatu nilai yang sangat penting dalam perkembangan keluarga yang modern.
Adapun makna keluarga yang terdapat dalam film NKCTHI yaitu membahas mengenai keluarga modern. Adapun keluarga yang modern dapat dikatakan keluarga yang memiliki pemikiran yang terbuka dan memiliki pemahaman yang luas berdasarkan kepada objek perkembangan yang ada. Didalam salah satu kajian, salah satu ahli bernama Goode menjelaskan bahwa keluarga merupakan salah satu variabel dipenden yang dimana keberadaannya sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan yang ada disekitarnya sehingga hal tersebut sangat berdampak kepada banyak hal dan dapat memicu perkembangan keluarga yang mulanya tradisional menjadi lebih modern. Kemudian apabila dilihat dari beberapa dialog, yang ada dalam film tersebut seperti dalam scene:
Angkasa selaku anak sulung yang telah menunggu adiknya awan di dalam mobilnya setelah awan pulang dari kantor dan kemudian mengatakan untuk segera bergegas karena akan ada acara keluarga. Awan cepat-cepat masuk ke mobil angkasa dengan berkata “ayah tuh suruh jemput kamu dikantor lo, bukan disini”. kemudian Awan memberikan jawaban “yaudah sih ga bakalan tau ini, kalo telat bilang aja macet”.

Apabila dilihat dari dialog angkasa yang telah dijelaskan di atas maka dapat memperlihatkan bahwa angkasa sebagai kakak sulung sangat mempunyai tanggung jawab guna bisa menjaga adiknya yang telah diberikan tanggung jawab oleh ayahnya sejak ia kecil. Hal tersebut sesuai dengan apa yang sudah ada di Indonesia bahwa sebagai seorang kakak sulung harus bisa berperan guna bisa menjaga adiknya karena kakak sulung memiliki peran yang paling tua daripada anak yang lainnya. Adapun hal tersebut apabila dilihat dari adat yang ada di Indonesia memiliki peran yang sangat besar guna bisa menentukan pilihan. Akan tetapi dalam dialog yang dikemukakan oleh awan juga telah didapatkan adanya suatu bentuk perlawanan terhadap mitos yang telah diterapkan tentang budaya pada keluarga di indonesia tersebut.
Maka dari itu makna kata “keluarga” dimasa saat ini terlebih yang dilihat dalam film “nanti kita cerita tentang hari ini” banyak sekali perubahan arti yang mulanya keluarga merupakan suatu kelompok yang berisi ayah, ibu dan anak. Saat ini kata “keluarga telah membawa banyak arti salah satunya yaitu menjadi tempat pulang, tempat bercerita dan tempat mengutarakan ekspresi sebagaimana yang ada dalam film tersebut.