5 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Kota Batam termasuk bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, yang memiliki letak strategis yakni berada di jalur pelayaran internasional. Batam merupakan daerah kepulauan. Jadi, tidak heran jika menyimpan aneka keindahan alam yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang ada tentu menjadi keunggulan bagi para wisatawan untuk dapat menikmati aneka wisata di Batam.


Gambar dari Jembatan BARELANG | Pesona-Batam

Pertama, anda dapat mengunjungi ikon Kota Batam yaitu Jembatan Barelang yang merupakan jembatan penghubung antara Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Jembatan ini diprakarsai oleh Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie yang merupakan Presiden ke-3 Republik Indonesia, dengan tujuan memfasilitasi pulau-pulau tersebut karena akan dijadikan sebagai wilayah industri.

kampung vietnam
Gambar dari Sejarah Kampung Vietnam Batam | indonesia top

Kemudian, beralih ke wisata sejarah yang ada di Batam tepatnya di Pulau Galang yaitu Kampung Vietnam yang menjadi tempat pengungsian orang-orang Vietnam, karena pada saat itu terjadi perang saudara di Vietnam pada tahun 1975. Lalu PBB melalui UNHCR memberikan mandat kepada Indonesia untuk menyediakan tempat pengusian bagi para korban perang tersebut. Indonesia segera mendirikan tempat pengungsian lengkap dengan fasilitasnya yaitu rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, bahkan penjara di Pulau Galang yang pada saat itu kosong tidak berpenghuni. Tempat wisata ini terawat dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto-foto menarik.


dok. pribadi.

Selanjutnya, anda bisa menjelajahi Mega Wisata Ocarina dengan tiket masuk yang terjangkau sudah dapat menikmati berbagai macam wahana yang ada, mulai dari water park, kiddy land, giant wheel, flying fox, 360 madness, aerorail, dan lain-lain, selain wahana juga ada berbagai fasilitas yang bisa diburu untuk mendapatkan foto-foto menarik seperti kolam bangau dan patung shio tionghoa. Tentunya dengan menjelajahi Mega Wisata Ocarina akan membuat liburan menjadi semakin seru dan berkesan.

Pulau Ranoh
Gambar dari Berkemah Mewah di Pinggir Pantai Pulau Ranoh Batam, Serunya... - pesonaindonesia.kompas.com

Batam yang merupakan sebuah pulau pastinya banyak sekali wisata bahari yang memukau, salah satunya Pulau Ranoh, untuk bisa menginjakkan kaki di pulau ini harus menggunakan speedboat sekitar 20 menit dari Pelabuhan Hasyim. Pulau Ranoh menyediakan berbagai macam fasilitas water sport yang bisa dinikmati seperti bermain jetski, snorkeling, single canoe, trendy floating, inflatable island, dan lain-lain. Pulau ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga ataupun orang terdekat.


dok.pribadi.

Resort merupakan pilihan yang tepat untuk melepas lelah, karena menyajikan aneka keindahan laut bagi para wisatawan, salah satunya KTM Resort yang terletak di Tanjung Pinggir. Resort ini memberikan desain kamar bergaya Bali serta pemandangan laut yang berbatasan dengan negara tetangga yaitu Singapura, juga terdapat tempat ibadah bagi pemeluk agama Buddha, dan di sekitar resort terdapat Resto dan Bar yang dapat dinikmati sambil menunggu sunset, Resto dan Bar ini terbuka untuk umum, cocok nih untuk kamu yang ingin menikmati suara deburan ombak.

Nah, itu tadi 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi selama berwisata di Batam. Menjelajahi wisata bukanlah hal yang sulit karena banyak sekali lokasi wisata menarik lainnya. Selamat berlibur!

1 Like