5 Alasan Kenapa Harus Berkunjung ke Puncak Saka Kulon Progo

Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Terlebih saat musim liburan sekolah maupun lebaran, Jogja menjadi pilihan bagi wisatwan untuk melepas penat dari bermacam kesibukan. Destinasi wisata di Jogja memang tak pernah bisa diam ya, Sobat.

Tak melulu pantai, air terjun, maupun perbukitan, namun view hamparan sawah dari ketinggian pun, kini jadi destinasi wisata baru yang banyak dilirik oleh semua kalangan. Salah satunya di Puncak Saka yang berlokasi di Dusun Klajuran, Kalurahan Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Kehadiran Puncak Saka ini memiliki vew panorama yang juga menjadi magnet bagi para pengunjung. Nah, inilah 5 alasan kenapa Anda harus berkunjung ke Puncak Saka nih, Sobat.

image

KULON PROGO [ JOGJA ] on Instagram: ". ● Kapan nih ngeagendain ke @puncaksaka? Yuk gass lah. ● Photo by @puncaksaka ● Loc : Puncak Saka, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. #panoramakulonprogo #kulonprogo #jogja"

1. Tempat Nongkrong Kekinian dan Intagramable
Puncak Saka merupakan tempat untuk nongkrong dan bersantai kekinian yang berlokasi di ketinggian kurang lebih 700 mdpl. Para pengunjung dapat menikmati momen ngobrol santai dengan orang terdekat ditemani dengan view panorama yang indah serta banyaknya spot foto yang cocok untuk mengabadikan momen dengan berswa foto.

2. Cocok untuk Healing
Dengan view Pegunungan Menoreh di sisi barat laut, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di arah timur dan utara, serta hijaunya hamparan sawah yang bisa dinikmati dari ketinggian sehingga bisa melepas penat dari kesibukan Anda seharian. Udara nan sejuknya alam yang terasa membuat Anda betah untuk berlama-lama di sini. Ketika malam hari, Anda akan disuguhkan pemandangan dengan view lampu-lampu perkotaan dari rumah penduduk seperti di Bukit Bintang saja ya, Sobat.

3. Lokasi Mudah dijangkau
Lokasi Puncak Saka tak terlalu jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten Kulon Progo, hanya berjarak sekitar 15km dan Anda bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 25 menit. Lokasinya tak jauh dari selokan Kalibawang. Motor maupun mobil bisa masuk ke tempat nongkrong asik ini.

4. Fasilitas Lengkap
Fasilitas yang disediakan oleh Puncak Saka ini sangat lengkap seperti tempat parkirnya luas, meja dan tempat duduk yang keren nan kekinian, cafe, toilet, mushola, spot foto, ATV, dan juga ada kolam renangnya loh Sobat. Cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga bukan?

5. Free HTM dan Menunya Ramah di Kantong
Untuk masuk ke Puncak Saka ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan saja, yaitu motor Rp1.000,00 dan mobil Rp3.000,00,-. Di Puncak Saka ini terdapat berbagai jenis makanan ringan seperti gorengan, hingga makanan berat seperti inkung. Untuk harganya sendiri berkisar mulai dari Rp20.000 - Rp150.000,-. Selain itu, Puncak Saka ini mempunyai minuman khas, yaitu Wedang Saka Gelap yang perlu Anda coba, Sobat.