Yang harus kita ketahui tentang proposal penelitian

belajar lebih dalam mengenai proposal penelitian

Halo teman teman mijil semuanya sebelum membahas lebih jauh mengenai proposal penelitian apakah kalian sudah tahu pengertian dari proposal penelitian? Mari kita bahas apa itu proposal penelitian.

Proposal penelitian adalah dokumen dalam mengusulkan proyek penelitian, umumnya dalam bidang sains atau akademisi, dan biasanya merupakan permintaan untuk mensponsori penelitian itu. Jenis proposal yang banyak diggunakan untuk bidang akademik khususnya dalam bidang karya ilmiah yang biasa dibuat oleh para mahasisiwa.

Bentuk proposal penelitian adalah berupa dokumen singkat yang berisikan rencana peneliti dalam melakukan penelitian. Pembuatan proposal penelitian ini dapat dijadikan sebagai bukti apakah seseorang mahasiswa telah mampu meneliti dan mengembangkan suatu ilmu pengetahuan yang diterimanya atau tidak. Proposal ini juga melatih tingkat keseriusan kita saat sedang meneliti sesuatu dapat dilihat dari hasil yang diperoleh nantinya.

Formulasi Bahasa proposal

Formulasi Bahasa proposal banyak diwarnai dengan modalitas ‘akan’. Kata yang setaraf dengan ‘akan’ adalah ‘ingin’, tetapi kedua kata itu mengandung perbedaan. Kata ‘akan’ berorientasi kepada apa yang dituturkan, sedangkan kata ‘ingin’ berorientasi kepada penutur. Perbedaan orientasi itu mengisyaratkan bahwa kata ‘akan’ bersifat objektif, sedangkan kata ‘ingin’ bersifat subjektif. Namun demikian, kedua kata itu sama dalam hal waktu yang diacu, yaitu waktu yang akan datang.

Bahasa proposal mengandung makna ‘keakanan’. Bahasa yang demikian menggambarkan bahwa kegiatan yang dimaksud belum dilaksanakan, tetapi direncanakan untuk dilaksanakan. Dengan demikian, proposal dibuat dengan formulasi bahasa khusus yang antara lain ditandai oleh makna ‘keakanan’ tersebut.

Manfaat dari proposal penelitian

Adapun manfaat dari pembuatan proposal penelitian adalah sebagai berikut :

  • Sebagai acuan peneliti untuk melakukan penelitian
  • Memberikan gambaran singkat mengenai rencana penelitian yang meliputi latar belakang permasalahan, landasan teori dan metodologi yang akan digunakan
  • Sebagai bahan evaluasi maupun pertimbangan pihak terkait yang berwenang untuk menyetujui maupun menolak rencana penelitian
  • Sebagai sarana yang dapat digunakan untuk mengajukan dana penelitian terhadap pihak terkait

Pihak yang diberi proposal

Ada beberapa pihak yang menjadi pertimbangan dalam membuat proposal yakni pihak yang akan menerima atau diberi proposal kegiatan. Bagaimana proposal dibuat agar memenuhi harapan pihak-pihak dan para pemangku kepentingan, sehingga proposal disetujui untuk direalisasikan. Ada pun pihak-pihak yang diberi atau yang berhak menerima proposal kegiatan yaitu : Pihak donator, Pihak sponsor, Pihak penanggung jawab

Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai proposal penelitian semoga teman teman bisa memahaminya