Ulasan Buku "Pengantar Ilmu Hukum" karya Prof. Dr. Marwan Mas, S.H,. M.H

image

Peresensi : Esa Haya Aqifatus Salsabila
Judul Buku : Pengantar Ilmu Hukum
Penulis : Prof. Dr. Marwan Mas, S.H., M.H.
Penerbit : Ghalia Indonesia, Bogor.
Edisi : Ketiga
Cetakan : Cetakan Pertama, Juni 2012
Halaman : 182 halaman + 4 halaman prakata dan daftar isi.
ISBN : 978-979-405-631-8

Orientasi
Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. Marwan Mas, S.H., M.H. lahir di Kabupaten Bulukamba, Sulawesi Selatan pada tanggal 19 November 1961. Menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Hukum Universitas 45 Makasar sampai sekarang. Tamat pendidikan S-2 pada Pascasarjana Universitas Hassanudin tahun 1998 dengan yudisium cum laude, serta Doktor Ilmu Hukum (Pidana) diselesaikan pada Pascasarjaa Universitas Hassanudin tahun 2005. Meraih Guru Besar Ilmu Hukum (Pidana) pada Oktober 2011.

Tafsiran
Buku ini menjelaskan berbagai hal penting dalam mepelajari ilmu hukum, diantaranya mulai dari pengertian dan fungsi Hukum, definisi hukum dan pengertian-pengertian dasar ilmu hukum. Pada Kaidah hukum dan sosial menjelaskan tentang asal-usul, sifat dan sanksi kaidah hukum. Pada hakikatnya kaidah sosial adalah untuk menjaga keseimbangan dan keteraturan kepentingan dalam masyarakat.Buku ini juga menjelaskan tentang sumber, tujuan fungsi hukum , asas dan sistem hukum. Dalam buku ini menjelaskan tentang aliran-aliran teori dalam ilmu hukum, keberadaan teori dalam dunia ilmu sendiri memiliki peran yang sangat penting, karena teori merupakan konsep utama yang akan menjawab suatu masalah. Selanjutnya, yang terakhir yaitu tentang penemuan hukum oleh hakim. Penemuan hukum merupakan salah satu wadah yang dapat digunakan hakim untuk mengisi kekosongan hukum atau menafsirkan suatu kaidah peraturan perundang-undangan yang tidak atau kurang jelas.

Evaluasi
Penyampaian materi dan pembahasan dalam buku ini sudah cukup jelas untuk difahami. Prof. Dr. Marwan Mas sendiri memiliki ciri khas yang membuat buku pembelajaran ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam mempelajari ilmu hukum. Buku ini juga sudah menggunakan bahasa yang jelas dan tegas dan tidak segan-segan untuk mengulang beberapa penjelasan untuk memastikan pembacanya benar-benar paham. Meskipun begitu, beberapa pemilihan kata agak sedikit menyulitkan terutama untuk pembaca yang awam dalam ilmu kebahasaan. Namun hal tersebut tidak dapat disebut sebagai suatu kekurangan, karena pada akhirnya buku ini adalah buku keilmuan yang membahas secara rinci tentang ilmu hukum.

Rangkuman
Pada umumnya materi Pengantar Ilmu Hukum ini disusun secara praktis dengan harapan membantu mahasiswa maupun orang yang baru mengenal dan mempelajari hukum. Orang yang baru belajar hukum, sebaiknya memahami asas-asas hukum, sistem hukum, dan teori-teori dasar ilmu hukum itu sendiri. Sebab dengan menguasai dasar-dasar pengetahuan hukum, akan memberikan kemudahan dalam mempelajari hukum lebih lanjut pada cabang ilmu hukum lain, baik secara formal maupun secara sosiologis dengan lebih mendalam.