Tips Menghilangkan Rasa Penat Bagi Mahasiswa Saat Perkuliahan Daring

pexels-photo-4144923
sumber: https://www.pexels.com/

Di masa pandemi ini, perkuliahan dilakukan secara daring. Setiap hari, kita harus duduk memandang layar laptop sambil memperhatikan dosen yang sedang mengajar. Pasti ada kondisi dimana kita tidak bersemangat untuk mengikuti perkuliahan. Ditambah dengan banyaknya tugas dan kuis yang membuat kita semakin penat.

Meskipun demikian, kedepannya kita harus punya semangat lagi untuk menghadapinya. Apa saja sih cara yang dapat kita lakukan? Yuk, kita simak beberapa tips di bawah ini!

1. Luangkan Waktu Untuk Istirahat
Banyaknya tugas dan target perkuliahan yang harus kita capai terkadang sampai membuat kita lupa istirahat. Fokus dalam mengerjakan sesuatu itu memang baik, namun tubuhmu juga perlu istirahat. Kamu bisa meluangkan waktu sebentar dengan cara membaringkan tubuhmu atau duduk tanpa memegang gadget untuk merilekskan tubuhmu.

2. Berpikir Positif
Hadapi perkuliahan dengan santai, jangan dijadikan beban. Kamu boleh memikirkan tugas dan targetmu, tetapi jangan sampai hal itu membuat pikiranmu semakin pusing. Kamu bisa saling sharing dan mengobrol santai dengan temanmu tentang perkuliahan. Hal ini sangat sederhana, tetapi dapat membantu kita mengurangi rasa cemas mehadapi perkuliahan.

3. Buat Suasana Baru
Terkadang kita merasa bosan dengan tempat belajar kita yang tidak berubah-ubah. Kita perlu melakukan sedikit sentuhan untuk membuat ruangan terasa segar kembali. Kamu dapat membeli beberapa barang untuk menambah ataupun mengganti dekorasi. Kamu juga dapat membersihkannya agar tidak berdebu.

4. Buat Kelompok Belajar Bersama Teman
Meskipun dilakukan secara daring, tips ini juga membantu untuk meningkatkan semangat belajarmu. Di tengah kegiatan kita dapat beristirahat sejenak dengan mengobrol ataupun mendengarkan musik bersama.

5. Memperindah Catatan
Kita dapat memperindah catatan kita dengan memberi warna di dalamnya. Dengan itu, kita dapat lebih bersemangat untuk membaca dan mempelajari materi yang kita pelajari.

6. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik memang terlihat sepele, tetapi sebuah penelitian oleh ilmuan University of Positive Psychology setuju bahwa mendengarkan musik dapat membantu kita menenangkan pikiran dan memperbaiki mood.

7. Self-reward
Berilah penghargaan atas apa yang sudah kamu capai sebelumnya. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun dampaknya cukup besar bagi psikologismu agar semakin bersemangat menjalani perkuliahan.

8. Liburan
Saat weekend tiba, kamu boleh meninggalkan aktivitas perkuliahanmu untuk refreshing. Pergilah ke tempat wisata alam, misalnya perbukitan, air terjun, pantai, dan yang lainnya. Kamu bisa mengajak anggota keluarga ataupun teman-temanmu. Tetapi jika kamu tidak ingin keluar rumah, kamu bisa bersantai di rumah saja dengan menonton film sambil menikmati beberapa camilan. Selain menghilangkan rasa penat saat perkuliahan daring, liburan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Demikian beberapa tips menghilangkan rasa penat bagi mahasiswa saat perkuliahan daring. Kalian bisa ikuti tips di atas untuk kembali merefresh otak. Jangan lupa luangkan waktu sebentar saja untuk dirimu sebelum kembali ke rutinitasmu dan perhatikan kesehatan jiwa dan mentalmu.

“loving yourself and stay happy, fighting!”.

3 Likes