Tips dan Trik Menjaga Data Pribadi di Internet

Menjaga DATA PRIBADI

Penulis: Wahyuddin S, S.Kom., M.Kom
Dosen STMIK Amika Soppeng

Saat ini kemajuan Teknologi berkembang sangat pesat, kita sudah memasuki era teknologi 5.0 dimana manusia sudah berteman dengan teknologi, beberapa hari yang lalu masih hangat terkait dengan kasus kebocoran data, oleh karena itu saya akan membagikan beberapa tips terkait cara menjaga data pribadi kita di internet. Sebelum lanjut, kita harus tahu terlebih dahulu apasih data itu ?

Pada dasarnya data merupakan sekumpulan informasi, fakta tentang orang, benda atau entitas lainnya, Tidak ada context, Hanya angka dan text, Sedangkan informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk tertentu sehingga memiliki makna, Data dengan context, data yang telah di proses, data dengan value(teranalisa). Contoh saya mempunyai angka 175 ini merupakan sebuah data tapi belum berbentuk sebuah informasi, kapan dikatakan sebuah informasi ketika angka tersebut memilik arti atau makna, angka 175 kita berikan makna ternyata angka 175 itu merupakan tinggi seseorang, atau 175km yang merupakan jarak tempuh perjalanan. atau angka 175 itu merupakan jumlah semua followers kita. Sehingga data 175 tersebut dapat dikatakan sebuah

informasi. Itulah pengertian dan perbadaaan data dengan informasi. Selanjutnya tips yang pertama untuk menjaga data kita.

  1. Jangan membagikan informasi penting di media social
    Seperti: Photo KTP, Tiket, Passport, nama keluarga, dll bisa saja ada yang menggunakan identitas kita, untuk berbagai kejahatan seperti pembobolan akun dan penipuan dari identitasi di curi.

  2. Terkait dengan kata sandi atau password. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk berbagai akun maupun social media, jangan menggunakan kata sandi yang mudah di tebak seperti tgl lahir, nomor hp, email, angka 1-8. Untuk pembuatan kata sandi, gunakan two factor authentication, ini merupakan system keamanan yang membutuhkan 2 jenis autentikasi yang dapat dilakukan oleh penggunanya.

  3. Jangan Membuka tautan (link) yang mencurigakan yang disebar melalui email, sms atau kanal lainnya. Itu bisa menjadi jebakan batman, phising(pengelabuan), link palsu atau malware

  4. Hindari install software (perangkat lunak) yang illegal atau bajakan, ini dapat membuka celah keamanan bagi para peretas, ada beberapa aplikasi atau game yang dapat di install secara gratis namun setelah di install itu dapat mengambil data pribadi kita di hanphone;

  5. Hindari penggunaan koneksi internet (WI-Fi) yang di buka secara umum, itu tidak terjamin keamanannya.

  6. Rahasiakan kode OTP (One Time Password) Jangan pernah memberitahukan kode OTP kepada siapapun. Biasanya kode OTP diberikan secara personal melalui sistem kepada pengguna platform. Sekalipun itu merupakan karyawan dari palatform yang bersangkutan, Anda dilarang keras untuk memberitahukan kode OTP yang Anda dapatkan.

  7. Gunakan Ad Bloker untuk memblokir iklan, ini dapat mempercepat loading di situs yang dikunjungi dan bersihkan cookieis secara berkala. Cookies biasanya berisi sedikit informasi yang terkait dengan penjelajahan web dan perangkat yang kita gunakan.

Itulah beberapa tips menjaga keamanan Data.

1 Like

Saat ini data pribadi menjadi barang mahal mas @WahyuAmika. Salam kenal :handshake:

1 Like

Iya betul mas @ayips, Salam Kenal :handshake:

1 Like