Tentang garis tuhan

Halo semuanya,perkenalkan namaku Syifa rustriawanti. tetapi banyak orang memanggilku Syifa.saat ini aku adalah mahasiswi semester 1 program studi agroteknologi di UNS. Kisah Ini adalah tentang dongengku,tentang perjalananku sampai disini. Yang Sebenarnya sama sekali tidak pernah terbayangkan bisa sampai sini.

Menentukan perguruan tinggi negri adalah hal yang sulit bagi saya,karena sejak masih duduk di bangku sekolah dasar,kenginan saya adalah bisa sekolah di PKN STAN.saya merasa bahwa itu adalah pilihan yang tepat.dari SD hingga SMA keingian tersebut tidak goyah dan saya sangat optimis bahwa saya bisa meraih impian tersebut.

Ketika menginjak kelas 3 SMA,hampir semua teman-teman saya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negri. Dari 30 siswa dikelas, hanya 3 orang yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi kedinasan. Dan itu menjadikan saya cukup sulit untuk mempersiapkan tes di perguruan tinggi kedinasan . pada saat itu,muncul isu bahwa syarat untuk mengikuti tes di PKN STAN adalah memiliki nilai TPS UTBK dengan nilai minimal 600.hal itu sangat mengagetkan bagi saya karena waktu itu saya kurang minat untuk mendaftar di PTN dan saya sama sekali belum ada persiapan untuk UTBK . namun lambat laun saya mulai mempersiapkannya.

Ketika itu,Saya termasuk salah satu siswi yang yang memiliki kesempatan untuk bisa mendaftar SNMPTN. pada saat itu saya sangat bimbang karena apabila sampai lolos SNMPTN, maka tidak bisa mengikuti UTBK,dan otomatis saya tidak bisa mengikuti tes PKN STAN.akhirnya saya memilih jurusan dengan tingkat keketatan yang tinggi dan ketika pengumuman,ternyata SNMPTN belum rezeki saya.

Ketika pendaftaran UTBK,saya hanya mengandalkan arahan guru BK, karena saya benar-benar tidak bisa memutuskan saat itu. sesuai arahan dari guru BK, pilihan pertama saya adalah farmasi UGM dan pilihan kedua adalah Agroteknologi UNS. Saya selalu berdoa agar nilai TPS saya bisa tembus 600. Dan saat pengumuman UTBK tiba, pada tanggal 14 juni 2021,Alhamdulillah saya lolos UTBK pada pilihan kedua saya yaitu agroteknologi UNS.dan nilai TPS saya tembus 600. Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT.

Karena nilai TPS tembus 600,maka saya bisa mengikuti tes SKD untuk PKN STAN,saya sangat bersungguh-sungguh untuk hal ini.karena tujuan pertama saya adalah di PKN STAN.ketika pengumuman hasil SKD, ternyata Allah SWT.berkehendak lain.saya belum masuk ke perankingan dan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Saya sangat sedih dan kecewa pada diri saya sendiri.namun bagaimanapun itu,rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Kita hanya bisa berusaha,tawakkal,dan qanaah.apapun hasilnya,kita harus bisa menerimanya dengan ikhlas.sekian dan terimakasih