Rencana dan Pilihan

Hai, sobat mijil! Pada kesempatan kali ini, aku ingin berbagi sekilas cerita tentang bagaimana aku bisa masuk di UNS. Saat ini aku adalah mahasiswa Agroteknologi angkatan 2021. Cerita ini dimulai saat aku masuk SMA. Saat itu, aku sudah berencana untuk memperoleh nilai yang bagus supaya bisa masuk kuliah melalui jalur SNMPTN. Sebenarnya saat itu aku sendiri masih belum tau mau memiih jurusan apa. Aku hanya berpikir untuk mendapat nilai bagus di setiap semesternya dan untuk masalah jurusan akan kupikirkan sambil menghabiskan waktu SMA ku.
Waktu berlalu, tak terasa aku sudah kelas 12. Dan alhamdulillah aku masuk ke daftar siswa yang mendapat kuota untuk mendaftar SNMPTN. Saat itulah aku mulai benar-benar memikirkan jurusan apa yang aku inginkan, jurusan yang sesuai dengan minat bakatku. Aku melihat kembali nilai rapotku untuk mengetahui mata pelajaran apa yang paling ku kuasai, mulai memikirkan ulang hal apa yang bisa membuatku nyaman dan senang saat mempelajarinya, mencari info tentang jurusan-jurusan, memikirkan tentang sebenarnya apa sih minat dan bakatku. Setelah memikirkan hal-hal tersebut, aku memutuskan untuk masuk ke jurusan sistem informasi dan ingin mendaftarkan di salah satu kampus di Surabaya. Dan akupun membicarakan hal tersebut dengan ayah ibuku, sayangnya ibuku tidak setuju kalau aku di kampus itu karena letaknya. Ibuku inginnya aku masuk di universitas yang ada di Solo. Aku berpikir untuk melihat jurusan-jurusan yang ada di UNS, sayangnya di UNS tidak ada sistem informasi, adanya jurusan informatika. Akhirnya aku berpikir untuk mendaftar di situ untuk pilihan pertama. Dan untuk pilihan ke-2, aku masih bingung akan mendaftar di jurusan apa. Saat aku sedang searching jurusan, disitulah aku menemukan jurusan agroteknologi. Akupun mulai mencari informasi tentang jurusan agroteknologi, apa saja yang dipelajari. Hingga aku memutuskan untuk menjadikan jurusan agroteknologi sebagai pilihan ke-2. Saat aku memutuskan jurusan apa yang akan aku ambil, aku selalu berdiskusi dengan orang tuaku dan guru BK di sekolah. Sebenarnya saat aku memutuskan untuk memilih jurusan tersebut, aku masih bingung apakah sudah benar aku memilih jurusan ini, aku selalu bertanya-tanya pada diriku, dan akupun hanya bisa berdoa semoga jurusan yang ku ambil ini memang benar-benar tepat untukku.
Tibalah waktu pendaftaran SNMPTN, dan akupun menuliskan jurusan yang akan kupilih. Kuisikan informatika UNS sebagai pilihan pertama, dan agrtoteknologi UNS pilihan ke-2. Meski sudah mendaftar lewat SNMPTN, aku masih tetap belajar SBMPTN.Aku tidak mau terlalu berharap untuk di SNMPTN, aku tetap harus berjaga-jaga untuk kemungkinan seandainya tidak diterima. Sambil menunggu pengumuman SNMPTN, aku belajar materi SBMPTN dan mengikuti berbagai try out SBMPTN.
Hingga tibalah waktu pengumuman SNMPTN, di hari itu aku sudah menyiapkan diri. Aku akan menerima apapun hasilnya saat aku membuka web pengumuman. Saat membuka web, disitu tertulis bahwa aku lulus seleksi SNMPTN 2021 di jurusan agroteknologi. Saat itu aku merasa lega dan memberitahukan kepada orang tuaku, merekapun senang. Dan akupun juga mendapat banyak ucapan selamat dari teman-teman.
Jadi, kurang lebih begitulah kisahku, bagaimana aku bisa masuk di jurusan agroteknologi UNS. Dan aku juga berterima kasih untuk kalian yang sudah membaca kisahku ini, maaf juga karena mungkin tidak terlalu menarik. Sekian dulu kisahku ini, terima kasih semuanya.