Refreshing dan Penataan Jadwal yang Baik

Hai sahabat mijil.id! Disini saya akan menjelaskan tentang keseharianku melewati berbagai tantangan kehidupan. Dimulai dengan hari-hariku yang berjalan seperti orang normal. Sebelumnya saya adalah mahasiswa prodi statistika UNS dan anggota HIMASTA. Disitu saya mengerjakan beberapa hal seperti kuliah, mengerjakan tugas kuliah maupun tugas organisasi. Setiap hari selalu berulang kebiasaan tentang rutinitas seperti lingkaran keseharian hidup mahasiswa. Dimana saya pagi hari mengikuti kuliah melalui zoom dan google meet kemudian malamnya saya mengerjakan tugas.

Saya seperti manusia biasa yang kadang melewati masa dimana kita rajin dan harus mengerjakan ini dan itu. Dan ada pula masa dimana saya malas sekali mengerjakan sesuatu dan tidak ingin mengerjakan apapun kecuali tidur dan refreshing.

Kita bahas satu-persatu dimana masa rajinku dimuai diamana ada rasa dalam diriku yang ingin mengerjakan banyak hal. Mood positif pun meluap dalam diriku. Pada masa itu saya sedang bersemangat dalam menjalani hidup, siapapun kutanya apakah ada pekerjaan yang harus dikerjakan, apakah ada yang bisa dijadwalkan dan apakah ada yang bisa langsung dieksekusi. Semua hal baik dating begitu saja terlintas dan tidak ada yang bisa menghambat.

Yang kedua masa dimana malas-malasnya , itu adalah masa dimana saya tidak ingin melakukan apapun. Baik itu mengerjakan tugas, belajar, maupun kegiatan lainya yang berhubungan dengan pembelajaran. Disini saya lebih condong ke waktu istirahat dan refresing, baik itu dalam bentuk tidur dan bermain game untuk menghilangkan penat. Saya merasa semua mood buruk keluar dari tubuh saya, ingin sekali berinteraksi dengan teman atau hanya sekedar melihat keadaan luar. Dari segala kegiatan rumah atau perkuliahan yang sangat menumpuk atau ada masalah dari luar yang tiba-tiba menghilangkan semangat beraktivitas.

Selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa faktor atau masalah yang dapat merubah mood, yakni beberapa keadaan di lingkungan atau aktivitas yang berlebihan. Aktivitas yang berlebihan disini seperti begadang menghabiskan waktu untuk melakukan kumpul bersama teman. Pada acara tersebut kami melakukan berbagai hal sampai larut malam. Kemudian ada juga kegiatan lain seperti tugas yang banyak dengan deadline yang sangat cepat, sehingga dapat mengacaukan beberapa jadwal yang telah tertata atau dibuat dengan rapi. Adapula keadaan Ketika ada masalah dengan seseorang teman ataupun masalah pribadi yang datang tiba-tiba, seperti saat kita sedang menemukan perbedaan pendapat dan tidak menemukan hasil yang dapat disepakati. Kemudian hubungan pertemanan akan sedikit senggang dalam jangka waktu tertentu. Beberapa faktor tersebut dapat membuat banyak perubahan dalam mood.

Untuk pembahasan terakhir saya yakni berbagai solusi yang timbul dalam pemikiranku setelah melewati berbagai macam masalah. Pertama kita harus melakukan penataan jadwal yang baik dalam berbagai hal. Seperti di hari ini kita mengerjakan 2 tugas berbeda, kemudian di hari selanjutnya kita mengerjakan tugas yang berbeda lagi. Semua penjadwalan tersebut biasanya dilakukan paa saat ada waktu luang dan di malam hari yang bagi kebanyakan mahasiswa selalu melakukan berbagai aktivitas di malam hari. Setelah semua dapat tertata dengan rapi, kita tidak akan mendapatkan berbagai masalah lain dan akan membuat mood kita stabil dengan selesainya berbagai tugas tepat seperti yang kita inginkan.

Kedua ada hal yang tak kalah penting yaitu refreshing. Menurut saya refreshing adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan setiap mahasiswa dalam melakukan aktivitas. Refreshing mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan seperti membuat kita Kembali ke mood senang dari keadaan yang sangat melelahkan setelah melewati banyak hal berat. Refreshing menurut saya ada 2 tipe yakni keadaan dimana kita berinteraksi dengan teman baik melalui kegiatan berkumpul dengan berbincang-bincang maupun melakukan kegiatan Bersama seperti bermain game hingga berolahraga bersama. Kemudian ada keadaan dimana kita menyendiri di suatu tempat untuk menghilangkan penat dengan tidak memikirkan hal-hal berat. Disini saya biasanya melakukan kegiatan berkeliling kota dengan bersepeda motor untuk melihat keindahan alam yang ada di kota saya. Mengurangi penggunaan teknologi dan melihat alam akan membuat mood kembali membaik.

Demikian beberapa hal yang dapat saya berikan kepada pembaca untuk diambil beberapa manfaatnya. Dan intinya adalah melakukan penataan jadwal yang baik dan melakukan refreshing dapat membantu diri kita untuk melakukan setiap kegiatan aktivitas belajar maupun bekerja dengan mood yang baik. Semoga apa yang dapat saya sampaikan dapat memotivasi rekan-rekan pembaca mijil.id terimakasih.