Perubahan Dalam Hidupku

Sebelum menjadi diriku yang sekarang, aku memiliki masalalu yang kurang baik. Dulu,
aku merasa menjadi seorang anak SMA yang terlalu bebas dan susah diatur. Selalu bersenang-senang dan main hingga larut malam tanpa memikirkan sedikitpun kekhawatiran orang tuaku kepada anak perempuan terakhirnya ini. Orang tuaku sering menasihatiku bahkan sampaimemarahiku.

Tetapi, aku tetap mengulangi kesalahan kesalahan yang sama. seiring berjalannya
waktu, aku bisa memahami bahwa hal-hal yang aku lakukan kurang baik, kurang bermanfaat dan hanya akan menyebabkan orang tuaku marah dan kecewa apalagi untuk seorang perempuan SMA yang hanya mengerti apa itu bersenang senang tanpa memikirkan hal hal penting lainnya.

Aku berfikir bahwa apa yang aku lakukan waktu itu hanya akan membuatku semakin tidakterarah. Aku memutuskan untuk perlahan menjauhi hal hal yang kurang baik, berfikir lebih luas untuk memperbaiki semua dan mengubah perilaku-perilaku negatif. Sampai pada akhirnya aku benar benar bisa merasakan apa itu arti kata “ perubahan berawal dari diri sendiri”.

Aku selalu melihat raut wajah orang tuaku yang semakin bangga kepada perubahan perubahan yang aku lakukan. Melihat senyum mereka dengan harap aku menghabiskan masa remajaku menjadi orang yang baik dan terarah.

Aku lulus SMA di tahun 2021. pada saat itu, aku benar benar tidak memahami apa itu
dunia perkuliahan, tidak mendaftar di PTN/PTS manapun. Sampai akhirnya aku memutuskan untuk bekerja, menjadi seorang karyawan diumur 18 tahun selama kurang lebih 10 bulan.

Semua berawal dari sini, dimana aku benar benar bisa belajar apa itu arti kehidupan yang sesungguhnya. Lelah bekerja, harus berangkat jam 7 pagi pulang jam 7 malam, harus berdiri dan hanya diberi waktu istirahat satu jam setiap harinya. Bahkan sampai harus pulang larut malam untukmenyelesaikan target pekerjaan. akhirnya aku memutuskan untuk lanjut kuliah di tahun ini.

Dulu aku bercita cita menjadi seorang hakim atau pengacara, yang bisa membantu orang dalam menyelesaikan masalah, sesederhana itu, tetapi mendekati pendaftaran kuliah pilihanku berubah untuk menjadi tenaga kesehatan yaitu menjadi seorang perawat. Semoga itu pilihan yang terbaik dan bisa membawaku menjadi orang yang sukses nantinya.

Selain menjadi seorang mahasiswa, aku juga seorang santri di salah satu pondok pesantren di Solo, dan lagi lagi aku menemukan banyak hal baru dan pelajaran yang membuat aku berfikir untuk merenungi hidupku dan memulai babak baru .

“Menjadi seorang remaja yang professional dan religious” sepatah kalimat yang sangat
berarti bagiku. Hidup lebih terarah,tertib,terjaga dan tertata adalah tujuan semua orang. Mengejar kesuksesan dunia tanpa melupakan tujuan utamanya manusia yaitu untuk beribadah.

Setiap subuh aku mengaji sampai jam 6 pagi, lalu melanjutkan perkuliahan dan melanjutkan ngaji di malam hari, begitu seterusnya. Aku benar benar merasa hidupku menjadi lebih baik dan
menyenangkan.

Ada sedikit pesan dari saya buat temen temen yang baca. he he…

Jangan pernah berhenti untuk belajar, jangan pernah merasa puas dengan apa yang kamu capai hari ini, karena kalian akan mendapatkan pengalaman baru,cerita baru, dan hal-hal baru jika kalian berani memulai sesuatu yang baru juga.

3 Likes