Pengaruh "Korean Wave" terhadap Remaja Millenial

Korean Wave adalah fenomena global budaya Korea Selatan. Seperti yang diketahui sekarang, tidak ada satu pun negara di dunia yang tidak mengenal budaya Korea. Penyebaran budaya populer dari Korea ke Indonesia dimulai pada tahun 2002 setelah Piala Dunia di Korea Selatan dan Jepang. K-pop, K-Drama, K-film, K-fashion, K-food, dan K-beauty adalah bentuk industri budaya yang didasarkan pada produksi dan penyebaran seni, cerita rakyat, dan adat istiadat dari Korea Selatan. Fenomena ini dapat ditemukan di Indonesia dan dampaknya terlihat dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada generasi milenial yang dapat mempengaruhi gaya hidup remaja Indonesia.

Saat ini, hampir semua remaja mengikuti gaya Korea, mulai dari pakaian, gaya rambut, dan make-up. Fashion adalah cerminan diri mereka, dan apa yang mereka kenakan adalah cerminan siapa mereka, karena dengan melakukan itu mereka dapat mengekspresikan diri. Jika dicermati, kehadiran Korean Wave lebih banyak memberikan efek negatif daripada positif. Bagaimana tidak, lunturnya nilai-nilai budaya Indonesia menjadi perhatian bangsa, karena hampir semua gaya hidup di Indonesia meniru budaya Korea. Munculnya plagiarisme atau peniruan semakin meluas. Bahkan berdampak negatif terhadap plagiarisme. mengapa demikian? Karena menjadi kurang kreatif dan tidak bisa berkreasi, peniru ini bisa membuat seseorang menjadi malas. Sikap mengungkapkan intoleransi, yaitu rasa cinta, kekaguman, kecanduan, rasa memiliki dan kesetiaan yang tinggi, tumbuh.

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan jumlah operasi plastik (oplas) tertinggi di dunia. Korea Selatan menempati urutan ketiga setelah Amerika, Cina dan Jepang dalam operasi plastik. Itu hal yang biasa terjadi di luar sana, operasi plastik adalah hadiah impian bagi orang tua ketika mereka ingin dibesarkan oleh remaja laki-laki atau perempuan. Sehingga penyatuan keindahan dunia mulai bergeser ke Korea Selatan. Ketika melihat banyak bintang K-pop dan pemain K-drama yang memiliki wajah cantik dan rupawan, kita juga menemukan banyak kaum milenial yang melakukan operasi plastik agar terlihat seperti idola. Movies & Dramas Channel, saluran aplikasi menonton berbayar saat ini, dipenuhi dengan film dan drama Korea dari berbagai genre. Akting yang bagus dan visual yang catchy membuat drama Korea seru untuk ditonton. Squid (2021) merupakan salah satu drama Korea yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini karena menjadi hits berkat cerita yang menarik. Musik K-POP, industri hiburan Korea tidak ada habisnya. Musik K-pop sangat digandrungi oleh anak muda saat ini. Musiknya menyenangkan untuk didengarkan dan visual yang indah dan indah dari sang idola menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton. Musik K-POP memiliki penggemar dari seluruh dunia dan masuk ke chart musik paling bergengsi, lagu BTS “Butter” (2021) berhasil menduduki puncak TOP Chart. Fashion, gaya berpakaian seperti artis Korea sangat digandrungi oleh anak muda di Indonesia. Tren kontemporer dan modern menarik minat anak muda, karena banyak toko online dan tradisional yang menjual pakaian ala Korea. Fashion internasional Mekkah seperti Perancis dan Amerika mulai memandang Korea sebagai pasar fashion, hal ini terlihat dari banyaknya artis atau idola Korea yang menjadi duta merek internasional.

(Korean Wave di Indonesia - Kompasiana.Com, n.d.)

Mengikuti tren zaman tidaklah salah, namun kita harus memilih dan memilah bagian mana yang bisa diikuti. Juga, jangan terlalu fanatik dan jangan lupakan budaya negara Anda. Kita sebagai generasi muda harus turut serta melestarikan budaya bangsa dengan mempelajarinya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Budaya dapat dilestarikan dengan banyak cara, yaitu mempelajari budaya suatu bangsa, tidak terpengaruh oleh budaya lain, menyajikan budaya kepada orang lain, dan menghargai budaya yang kita miliki.

Daftar Pustaka

Fenomena Korean Wave, Demam yang belum akan reda – liputan6.com. (n.d.). Retrieved June 20, 2022, from Special Content: Fenomena Korean Wave, Demam yang Belum Akan Reda - News Liputan6.com

Korean Wave di Indonesia - Kompasiana.com . (n.d.). Retrieved July 4, 2022, from Korean Wave di Indonesia - Kompasiana.com