Pengaruh Dunia Malam Kepada Remaja

Semakin hari semakin banyak tempat hiburan malam yang menampakan dirinya secara terang-terangan. Sosial media adalah salah satu tempat untuk mereka berpromosi. Tak hanya sosial media saja, mereka sudah secara gamblang menampakan diri mereka. Banyak para mahasiswa hingga remaja yang datang untuk menikmati dan merasakan atmosfer dunia malam. Sangat disayangkan apabila hiburan malam menjadi salah satu faktor perusak generasi penerus bangsa. Banyak oknum yang dengan sengaja merusak para anak muda dengan alkohol bahkan hingga obat-obatan terlarang.

Solo adalah salah satu kota pelajar yang memiliki cukup banyak hiburan malam di kota ini. Banyak tempat hiburan malam yang memberikan kemudahan untuk para remaja mengaksesnya. Bahkan mereka tidak memberikan batasan umur untuk datang dan merasakan dunia malam sehingga para anak muda yang masih dibawah umur masuk kedalam tempat ini. Ini disebabkan karena kurangnya pengawasan dari pemerintah dan dari orang tua.

Dunia malam sudah menjadi tempat favorite banyak orang. Bahkan dunia malam seperti diskotik menjadi salah satu tempat favorite bagi anak muda. Ini disebabkan karena alkulturasi dari budaya barat. Fenomena ini menyebabkan banyak sekali pengaruh buruk bagi generasi penerus bangsa. Semakin hari, semakin hilang budaya yang dimiliki bumi pertiwi ini dan digantikan budaya dari luar. Apakah ini menjadi dampak buruk bagi Indonesia?. Tentu saja, budaya negative dari barat dapat menghilangkan budaya asli Indonesia.

Menurut Jumibile (2012) dunia malam memiliki berbagai dampak negative bagi generasi penerus bangsa, antara lain yaitu :

  1. Membuat gaya hidup para generasi bangsa jadi lebih konsumtif
  2. Menjerumuskan untuk berbuat dosa
  3. Dapat merusak masa depan
  4. Menghilangkan norma-norma masyarakat

Namun dunia malam tidak hanya saja memberi dampak negative tetapi juga dampak positif, antara lain :

  1. Dapat menjadi referensi pengamatan sosial
  2. Memperluas jaringan dan koneksi teman
  3. Sebagai penghasilan

Pemerintah dapat menekan risiko ini dengan cara memperketat izin untuk diskotik,bar,karaoke, dan masih banyak lainnya. Dengan cara ini diharapkan dampak buruk dunia malam dapat ditekan lagi. Apalagi untuk para anak muda yang dibawah umur dan tentunya masih belum dewasa tidak diperbolehkan memasuki tempat ini. Karena dikhawatirkan mereka yang belum bisa memilah mana yang baik dan buruk terjerumus dalam gelapnya dunia malam.

Oleh karena itu, penting bagi para orang tua memberikan edukasi tentang bahaya dunia malam. Sehingga para generasi penerus dapat menghindari dampak dari dunia malam. Lebih baik jika orang tua dapat mendidik anak dengan memberikan contoh faktual apa yang terjadi jika mereka masuk ke dalam gelapnya dunia malam

Daftar Pustaka

Jumibile (2012). Dunia Malam Sebagai Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Anak
Muda Di Yogyakarta. seratjuminten.wordpress.com