Nasi Goreng dari Indonesia?

Nasi goreng adalah masakan yang sangat umum ditemukan di Indonesia yang juga sangat popular di berbagai negara. Sesuai dengan namanya masakan ini berbahan dasar nasi putih yang dimasak dengan cara ditumis dengan sedikit minyak, yang biasanya juga ditambah dengan telur, daging ayam, daging sapi, sayuran , dan lain-lain sesuai dengan selera orang yang memasak ataupun memakan nasi goreng tersebut. Nasi goreng mudah ditemukan di Indonesia, biasanya para penjual berjualan nasi goreng pada malam hari. Bisa dengan berjualan di tenda ataupun bisa juga berjualan berkeliling menggunakan gerobak yang didorong sambil berjalan kaki mengelilingi pemukiman warga.

Walau bisa dikatakan bahwa nasi goreng merupakan makanan yang berasal dari Indonesia, sebenarnya tidak hanya Indonesia yang memiliki masakan nasi goreng di Malaysia, Singapura, China, Korea, dan India juga memiliki masakan yang bisa disebut nasi goreng. Masyarakat Indonesia mengenal nasi goreng berkat pedagang Tionghoa (Cina) yang singgah ke Nusantara. Di awali di Sriwijaya pada abad 10 hingga akhirnya meluas ke penjuru Indonesia (Dikenal Dari Indonesia, Rupanya Nasi Goreng Bukan Asli Makanan Indonesia). Yang pada akhirnya nasi goreng menyebar begitu cepat di Nusantara. Dalam penyebarannya nasi goreng mengalami berbagai adaptasi yang menyebabkan munculnya banyak macam nasi goreng di Indonesia sesuai dengan bumbu-bumbu khas daerah tersebut. Lalu apa yang membedakan nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng negara lain, yang membedakan ialah nasi goreng asal Indonesia menggunakan kecap manis yang tidak ditemukan di nasi goreng negara-negara lain.

Sejarah nasi goreng tertulis dalam satu karya literature Jawa kuno yang bernama “Serat Centhini”. Sejarah lainnya terdapat di Tiongkok pada awal era Dinasti Qing, setelah berkuasa pada pertengahan abad ke 17. Tidak diketahui kapan pastinya kecap menjadi salah satu bahan dalam pembuatan nasi goreng, namun tahun 1961, pada “Buku Resep Nusantara”, resep nasi goreng dengan kecap muncul di halaman 182 (Dewi, 2022:1189). Nasi goreng yang berwarna merah kecoklatan yang dikarenakan adanya kecap manis ini diperkirakan merupakan nasi goreng turunan dari daerah Surabaya yang diketahui sangat identik dengan kecap manis.

Namun untuk nasi goreng di negara lain misalnya china, ciri khas yang dimilki nasi goreng tersebut ialah penggunaan kecap asin dan kecap ikan serta proses memasaknya yang sedikit berbeda. “Kalau ala China, telurnya setelah dimasukkan ke penggorengan langsung dihancurkan dan diaduk dengan nasi. Beda kalau Indonesia kan dimatangkan dulu telurnya. Telurnya yang jadi pengikat rasa,” Jelas Hendra (Nasi Goreng Yan Chow Khas China, Bedanya Dengan Nasi Goreng Indonesia Halaman All - Kompas.Com). Jika dibandingkan dengan nasi goreng khas Indonesia itu sangat berbeda dengan nasi goreng dari china karena proses pemasakan telur dapat mengubah cita rasa pada nasi goreng tersebut. Lalu kita juga bisa mengambil contoh dari negara Korea yang memiliki khas pada kebanyakan makanan yang ada atau berasal dari Korea adalah penggunaan kimchi dan saus gochujang sebagai bahan atau bumbu masakan. Maka dari itu tak terhindar juga nasi goreng khas korea memiliki bumbu dan bahan khas tersebut yang memiliki rasa yang sangat identik dengan korea. Yaitu sensasi asam dari kimchi dan rasa pedas dari saus gochujang.

Dengan demikian sekarang kita sudah tahu apa ciri khas masing-masing nasi goreng di tiap negara seperti penggunaan bahan-bahan yang khas dari negara tersebut kita dapat mengetahui bahwa nasi goreng pada awalnya berasal dari penduduk china yang berniat untuk memanaskan nasi yang telah dingin lalu ditambah dengan bumbu-bumbu agar semakin lezat. Namun jika yang kita bicarakan saat ini adalah nasi goreng khas Indonesia yang sudah mendunia dan sangat mudah dijumpai di Indonesia sudah jelas nasi goreng ini berasal dari Indonesia dikarenakan adanya ciri khas dan pembeda dari nasi goreng di negara lain yaitu adanya kecap manis yang sangat mengindikasikan bahwa masakan ini berasal dari Indonesia.

Referensi

Dewi, N. K. (2022). NASI GORENG: FOOD AND WINE PAIRING. Jurnal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis , 1189.

Dikenal dari Indonesia, Rupanya Nasi Goreng Bukan Asli Makanan Indonesia . (2022, Januari 10). Retrieved from femina: Dikenal dari Indonesia, Rupanya Nasi Goreng Bukan Asli Makanan Indonesia.

Khairunnisa, S. N. (2020, Januari 16). Nasi Goreng Yan Chow khas China, Bedanya dengan Nasi Goreng Indonesia. Retrieved from Kompas.com: Nasi Goreng Yan Chow khas China, Bedanya dengan Nasi Goreng Indonesia Halaman all - Kompas.com