Mengenal tentang pengertian teks ulasan buku, struktur teks dan hubungan genre pada teks ulasan buku

Di jaman globalisasi yang serba canggih dan modern dan di dunia ilmu pengetahuan yang semakin luas dan maju, menuntut seseorang yang bergelut di dunia pendidikan harus mengetahui tata cara mengulas buku atau sebuah karya lainnya. Tetapi dalam pelaksanaannya masih minim pengetahuan tentang tata cara mengulas sebuah buku, masih sering ditemukan banyak kesalahan dalam mengulas buku atau karya. Fungsi mengulas sebuah buku dalam dunia pendidikan adalah untuk menambahkan kutipan dalam sebuah laporan, proposal, skripsi, tesis, disertasi atau tugas lainnya yang membutuhkan kutipan.

Selain dalam dunia pendidikan yang membutuhkan ulasan, juga diperlukan dalam mengulas buku yang baru saja diterbitkan. Fungsinya untuk menilai dan menimbang buku yang baru saja diterbitkan untuk mengetahui gambaran mengenai buku tersebut. Banyaknya buku-buku yang diterbitkan baik buku pelajaran, buku fiksi maupun buku non-fiksi. Fungsi ulasan dalam hal ini adalah untuk mengetahui isi buku secara ringkas mengenai isi, gaya bahasa, kualitas buku, kelemahan dan kelebihan buku untuk bisa membandingkan dengan buku lainnya. Gunanya agar calon pembeli buku mudah memilih buku mana yang akan dia pilih dan beli, selain itu berguna untuk penerbit dalam penjualan bukunya dan untuk penulisa bisa memperbaiki karya dalam terbitan berikutnya.Nah sekarang ini saya akan membahas tentang pengertian teks ulasan buku, struktur teks dan hubungan genre pada teks ulasan buku.

Apa itu itu teks ulasan ? Teks ulasan adalah suatu teks atau tulisan kritis yang ditulis berdasarkan pada hasilpenilaian, pengamatan, pertimbangan dan pemeriksaan secara terperinci terhadap suatu karya, baik fisik maupun non fisik. Teks ulasan buku berisi ulasan, penilaian, tinjauan, review ataupun ringkasan terhadap suatu buku yang pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel.

Dalam menulis teks ulasan buku kita tidak sekadar menguraikan isi buku yang diulas, tetapi kita juga harus menjelaskan bagaimana buku tersebut dapat memenuhi tujuan atau fungsi sosialnya. Sebagai sebuah genre, teks ulasan buku berisi deskripsi dan evaluasi terhadap buku yang diulas. Ulasan buku memaparkan tujuan buku ditulis, menguraikan strukturnya, menjelaskan gaya penulisannya, dan meletakkan isinya ke dalam konteks yang lebih luas dengan cara membandingkannya dengan buku-buku lain yang sejenis.

Lalu apa saja struktur dalam teks ulasan ? Kita diharuskan untuk menelusuri kandungan genre makro yang terdapat pada masing masing tahapan dalam struktur teks ulasan dan memjelaskan fungsi teoritisnya. Struktur teks ulasan yaitu :

  1. Identitas : memaparkan informasi berupa judul, penulis, tahun terbit dll suatu karya yang ingin diulas. Identitas berfungsi untuk memberikan deskripsi tentang wujud fisik buku beserta ciri-cirinya. Identitas buku ini bersifat oposional,boleh ada atau tidak ada.

  2. Orientasi : Berisi gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya tersebut dapat berupa nama,kegunaan dan sebagainya.

  3. Tafsiran isi : berisi pandangan sendiri mengenai karya yang diulas. Bagian ini dilakukan setelah mengevaluasi karya sastra (buku) tersebut. Pada bagian ini biasanya penulis membandingkan karya sastra (buku) tersebut dengan karya sastra (buku) yang mirip. Penulis menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas.

  4. Evaluasi : berisi mengenai evaluasi dari karya sastra, Bagian evaluasi ini berisi gambaran tentang detail suatu karya atau benda yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri-ciri, dan kaulitas karya tersebut. Penulis harus mempertimbangkan kriteria ulasan yang spesifik dan seimbang. Evaluasi yang baik juga perlu memasukan sumber/referensi untuk mendukung evaluasi.

  5. Rangkuman : penulis memberikan ulasan akhir yang berisi simpulan karya tersebut dengan mengemukakan kembali keseluruhan opini pada teks. Pada bagian ini penulis dituntut untuk menyajikan rekomendasi secara tegas dengan cara memasukan penjelasan lebih mendalam terkait opininya agar kritik terdengar adil dan masuk akal bagi khalayak umum

Lalu apa itu genre ? Genre dibagi menjadi 2 yaitu : genre makro dan genre mikro. Genre makro adalah genre yang secara global menjadi nama jenis teks yang dimaksud, yang di dalamnya masih terdapat sejumlah subgenre yang disebut genre mikro. Beberapa contoh genre makro antara lain iklan, berita, editorial, artikel jurnal, brosur, ulasa buku (review), dan buku. Genre mikro adalah deskripsi, prosedur, rekon, narasi, eksplanasi, eksposisi, dan diskusi.

Bagaimana hubungan hubungan genre pada teks ulasan buku ? Hubungan genre pada teks ulasan buku dibagi menjadi dua fungsi yaitu fungsi retoris dan fungsi sosial. Fungsi pertama berkaitan dengan fungsi genre mikro pada setiap tahapan,sedangkan fungsi yang kedua berkaitan dengan fungsi genre makro yang mewadahi teks ulasan buku secara keseluruhan. Berikut ini merupakan simpulan tentang struktur teks dan hubungan genre pada teks ulasan buku :

image

1 Like