Menelisik Sedikit Mengenai Teks Laporan Kegiatan

WhatsApp Image 2021-05-11 at 1.02.11 PM

Hai teman-teman Mijil! Disini kita akan membahas sedikit mengenai Teks Laporan Kegiatan. Pasti bagi sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Tapi apakah maksud dari laporan kegiatan itu?

Teks laporan kegiatan adalah sebuah laporan hasil dari suatu kegiatan atau teks yang memberitahukan terlaksananya suatu kegiatan yang biasanya dibuat setelah kegiatan telah selesai. Berdasarkan waktu penyusunan, laporan kegiatan terbagi atas dua; yakni laporan akhir dan laporan kemajuan.

Laporan akhir adalah laporan yang disusun setelah peneletian atau kegiatan dilaksanakan, dan merupakan rangkuman dari keseluruhan pekerjaan dari awal hingga akhir, sekaligus menjadi bukti bahwa penelitian atau kegiatan itu sudah selesai. Laporan akhir dapat digunakan untuk menilai apakah suatu penelitian atau kegiatan itu berhasil.

Sedangkan, laporan kemajuan yakni laporan yang disusun pada saat penelitian atau kegiatan berlangsung. Laporan kegaiatan disusun menurut jangka waktu tertentu. Oleh karena itu laporan ini dimungkinkan untuk dibuat lebih dari satu kali (selama kegiatan berlangsung), dan dapat juga dikatakan sebagai laporan berkala. Laporan ini digunakan untuk mengukur perkembangan penelitian atau kegiatan yang dilaporkan menurut persentase yang telah dicapai dalam jangka waktu tersebut. Selain itu, juga digunakan untuk pedoman apakah terjadi perubahan dalam pelaksanaan penelitian atau kegiatan itu.

Setelah memahami apa itu teks laporan kegiatan, mari melanjutkan mengenai hubungan genre pada setiap tahapan dalam laporan kegiatan. Selayaknya musik, laporan kegiatan juga memiliki genre untuk menentukan seperti apa laporan kegiatan akan dibuat. Setiap bagian laporan kegiatan memiliki genre yang berbeda, yakni :

  1. Ringkasan
    Ringkasan sebenarnya sama dengan abstrak pada laporan penelitian, tetapi memiliki perbedaan yang terletak pada unsur-unsur pembentuknya, unsur-unsur pada ringkasan meliputi, tujuan kegiatan, deskripsi kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan saran. Genre yang digunakan untuk mengungkapkan ringkasan adalah deskriptif.
  2. Pendahuluan
    Tahapan pendahuluan pada laporan kegiatan bertujuan untuk menyampaikan latar belakang kegiatan, gambaran jenis dan bentuk kegiatan, tujuan,manfaat, serta strategi yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan. Genre yang digunakan adalah deskripsi atau meliputi eksposisi.
  3. Deskripsi Kegiatan
    Tahapan ini berisi paparan tentang nama, lokasi, waktu, dan pelaksanaan kegiatan. Nama kegiatan adalah kegiatan yang dilaksanakan itu sendiri. Waktu kegiatan adalah rentang waktu dilaksanakannya kegiatan itu. Adapun pelaksanaan kegiatan adalah orang orang yang terlibat dalam kegiatan itu. Untuk memaparkan semua itu, genre mikro yang digunakan adalah deskriptif.
  4. Pelaksanaan Kegiatan
    Tahapan Pelaksanaan Kegiatan berisi rangkaian kegiatan selaligus berfungsi untuk menguraikan kegiatan yang dilakukan, strategi yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan, kendala yang dihadapi, dan langkah-langkah yang ditempu dalam mengatasi kendala tersebut. Genre mikro yang digunakan adalah deskriptif dan atau meliputi rekon dan prosedur.
  5. Penutup
    Di satu sisi, Tahapan Penutup berisi pernyataan simpulan bahwa kegiatan yang dimaksud telah dilaksanakan dengan baik dan bermafaat. Di sisi lain, tahapan ini berisi saran-saran untuk perbaikan kegiatan yang akan datang. Genre mikro yang digunakan pada tahapan penutup adalah deskripsi yang menggunakan eksposisi.
  6. Daftar Pustaka dan Lampiran
    Penyajian Daftar Pustaka dan Lampiran diletakan di belakang setelah bab-bab inti, lampiran merupakan materi pendukung. Materi yang dimasukan ke dalam lampiran teks laporan kegiatan antara lain, dokumen yang dijadikan bahan rujukan penulisan laporan kegiatan, surat-surat pendukung, seperti surat izin melakukan kegiatan di lokasi, surat tugas, dan sejenisnya, rincian penggunaan dana, gambar atau foto.

Untuk membentuk sistematika laporan kegiatan yang efektif, tahapan-tahapan tersebut harus direalisasikan dengan genre mikro sesuai dengan isi suatu laporan kegiatan dan fungsi restorisnya.

DAFTAR PUSTAKA:
Nurwardani, Paristiyanti dkk. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti.