Lika-Liku Mendapatkan PTN

Halo sobat mijil, ini adalah kisah pertamaku yang aku upload di mijil. Oh iya kenalan dulu yuk sobat mijil, namaku Lula aku seorang mahasiswi baru tahun 2021 di salah satu PTN yang terletak di kota dengan semboyan spirit of java. Aku berasal dari kota Depok. Kalian pasti berpikir kenapa aku tidak kuliah di Jakarta saja? atau kenapa aku tidak kuliah di UI padahal dekat dengan rumahku. Kalau kalian mau tau alasannya yuk simak kisahku.

Berawal dari aku yang sudah berambisi dari kelas 10 untuk terpilih menjadi siswa eligible dan bisa diterima di PTN favorit melalui jalur SNMPTN supaya tidak perlu belajar untuk UTBK. Dan betul saja aku termasuk siswa eligibledari sekian banyak murid di sekolahku. Sungguh senang rasanya sampai-sampai aku lupa jika jalur SNMPTN biasa disebut dengan ‘jalur gaib’. Kenapa disebut jalur gaib? Tanpa kujelaskan alasannya sepertinya kalian juga sudah paham xixixi.

Aku memilih PTN di daerah Jakarta supaya dapat laju sehingga tidak perlu kost dan sebenarnya juga aku tidak diperbolehkan jika merantau. Pada saat itu aku sangat yakin jika aku bisa diterima di PTN tersebut. Sebelum pengumuman SNMPTN, teman-temanku yang termasuk siswa eligible sudah ambis belajar untuk persiapan UTBK jaga-jaga jika tidak diterima jalur SNMPTN. Namun berbanding terbalik denganku, aku dengan santainya tidak belajar untuk persiapan UTBK karena sudah sangat percaya diri diterima di PTN menggunakan jalur SNMPTN. Yap itu adalah sebuah kesalahan besar bagiku.

Dan tibalah pengumuman SNMPTN. Hari itu adalah hari yang sangat menegangkan, aku sangat takut mengecewakan banyak orang terdekatku. Dan kalian tahu hasilnya apa? Hasilnya yaitu sebuah ketakutan akan kekecewaan terhadap orang terdekatku yang ternyata benar-benar terjadi.
Sedih? Yap aku sangat sedih, rasanya seperti sangat kecewa terhadap diri sendiri karena semua perjuanganku dari kelas 10 terasa sia-sia begitu saja.

Ntah kenapa setelah melihat pengumuman itu rasa ingin belajar untuk UTBK meningkat hingga 70%. Akhirnya supaya menghilangkan rasa sedihku, aku memutuskan untuk langsung belajar UTBK. Tetapi rasa ambisius itu tidak bertahan lama, mungkin hanya sekitar 2-3 hari. Lalu rasa ambisius itu hilang begitu saja. Dan tiba-tiba tergantikan dengan rasa penyesalan dan kekecewaan karena tidak diterima SNMPTN. Pada saat itu aku memutuskan untuk istirahat sejenak dari belajar UTBK. Tapi ternyata aku malah keterusan tidak belajar. Sampai tak terasa UTBK sudah kurang sebulan lagi. Pada saat itu barulah aku memaksakan diriku untuk keluar dari zona nyaman.

Tibalah hari pelaksanaan UTBK, disaat mengerjakan soal rasanya aku tidak mengerti satupun soal TKA. Dan disitulah terjadi penyesalan kembali karena baru belajar UTBK H-30. Aku sudah sangat yakin bahwa aku tidak akan lolos SBMPTN. Dan ternyata keyakinanku itu benar. Musnah sudah harapanku untuk berkuliah di PTN. Aku tidak ada pikiran untuk mendaftar mandiri, karena orang tuaku masih harus membiayai kuliah kakakku juga yang sedang memasuki semester 7. Akhirnya aku memutuskan untuk mendaftar swasta, tetapi ketika aku sedang melakukan pengumpulan berkas secara offline di swasta, ntah kenapa aku tertarik untuk mengikuti jalur mandiri di UNS.

Sebenarnya tidak pernah terpikir di benakku untuk merantau apalagi merantau ke daerah Jawa Tengah dan orang tuaku juga tidak mengizinkan aku merantau. Lalu kenapa aku bisa tiba-tiba merantau? Yap itu karena orang tuaku yang akhirnya mengizinkanku untuk merantau dan mengikuti jalur mandiri karena mungkin mereka kasihan melihatku sedih karena sudah ditolak SNMPTN, SBMPTN, dan beberapa seleksi mandiri di PTN Jakarta. Dan Alhamdulillah aku dapat diterima di UNS menggunakan jalur mandiri. Rencana Allah begitu luar biasa, benar-benar diluar ekspetasiku. Manusia hanya bisa berencana, berdoa, dan berusaha tetapi tetap Allah swt yang menentukan. Terima kasih UNS karena telah bersedia menerimaku menjadi bagian darimu, semoga aku tidak salah jurusan karena sungguh sangat melelahkan untuk mendapatkan PTN lagi. Dan semoga di jurusan ini aku bisa menggapai cita-citaku serta membahagiakan semua orang yang ku sayangi​:heart_on_fire::star_struck:

Terima kasih sobat mijil sudah mau meluangkan waktu kalian untuk membaca kisahku🙏🏻 sampai jumpa dikisahku selanjutnya🥰

2 Likes