Lelah demi impian memendam demi tujuan

Haloo teman-teman! Assalammualaikum,Perkenalkan saya adalah salah satu mahasiswi Universitas Sebelas Maret. Saya mengambil jurusan akuntansi ,tepatnya saya mengambil progam studi diploma. Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya saat menjadi mahasiswa di salah satu universitas terbaik di indonesia.

Sebenarnya dulu saya kurang minat dengan progam studi diploma ,karena saya ingin mengambil progam sarjana. Karena itu saya dulu mencoba untuk mengikuti SNMPTN ,saya juga tidak berharap untuk lolos seleksi,dikarenakan pasti banyak yang lebih dari saya. Selain itu alasan saya tidak berharap akan hasil SNMPTN adalah karena saya lintas jurusan,saya SMA jurusan IPA. Memang ada juga yang diterima saat lintas jurusan ,tetapi saya juga kurang percaya diri. Dan saat pengumuman tiba ,hasilnya adalah sesuai dengan dugaan saya …saya tidak lolos dalam seleksi tersebut, mungkin itu belum rezeki saya …dan saya harus berjuang lagi untuk kuliah di universitas yang saya inginkan.

Setelah saya dinyatakan tidak lulus ,saya belajar untuk persiapan utbk. Saya benar benar merasa bersalah…karena saya tidak belajar dari kejauhan hari,dan rasa malas terus saja datang,tetapi saya juga ingin lolos SBMPTN. Alhasil saat harinya tiba untuk utbk SBMPTN ,saya menjawab soal dengan apa adanya & pasrah.

Sebenarnya sebelum saya melakukan utbk,saya juga mendaftar di seleksi utama UNS. Dan jurusan yang saya inginkan ada. Tetapi seleksi tersebut diperuntukan bagi progam studi diploma,diawal cerita memang saya kurang minat dengan diploma,tetapi saya mencoba jika memang itu jalan saya insyaallah saya lolos seleksi tersebut. Dan alhamdulillah saya lolos seleksi tersebut.Lalu bagaimana dengan hasil SBMPTN saya? jawaban nya sesuai dengan usaha saya ,yaitu saya dinyatakan tidak lolos.

Begitulah sedikit cerita saya mengenai persiapan masuk universitas saya. Lalu saya akan menceritakan juga tentang susah dan senangnya menjadi mahasiswa,sesuai dengan topik saya “lelah demi impian ,memendam demi tujuan” .

Banyak sekali masalah yang harus saya hadapi saat menjadi mahasiswa. Awalnya saya sangat senang karena akhirnya saya menjadi salah satu dari ribuan mahasiswa yang mendaftar di Universitas Sebelas Maret,ya…bisa dibilang beruntung , pertama kali saya mengikuti acara PKKMB ,disaat itulah hari-hari saya sangatlah sibuk karena tugas-tugas yang harus dikerjakan ,karena saya tidak mau kalau tugas tersebut menumpuk dan jadi tanggungan saya ,hingga saya lupa makan sampai kurang tidur. Tetapi saya juga mendapatkan teman-teman dari berbagai daerah,prodi,bahkan satu prodi dengan saya.

Lalu setelah PKKMB univ,fakultas dan jurusan berakhir,saat itulah saya benar-benar merasakan menjadi mahasiswa yang sesungguhnya,dan perjuangan sudah dimulai. Saat semester satu ,menurut saya tidak terlalu mendapatkan tugas yang banyak seperti saat semester ini,karena mungkin kami memang masih baru. Namun,disaat saya menjadi mahasiswa ,saya juga harus merawat bapak saya yang sedang sakit bersama kakak saya,sehingga saya harus memanajemen waktu saya sebaik mungkin agar bisa menjalankan semua tugas saya sebagai mahasiswa dan juga sebagai anak. Selain itu karena saya kuliah daring karena corona yang meresahkan …jadi saya harus bersabar dengan koneksi jaringan yang terkadang susah,kuota cepat habis …astagfirullahh. Tetapi alhamdulillah Saya bisa sampai seperti sekarang ini ,itu karena doa dari orang tua saya yang begitu tulus untuk saya. Saya bisa bertahan sampai detik ini karena orang tua saya ,mereka rela mencari nafkah untuk saya,dan untuk kuliah saya.Tujuan saya berkuliah selain menuntut ilmu ,adalah saya harus menjadi orang sukses agar saya bisa membalas jasa kedua orang tua saya dan juga membuat mereka bangga. Waktu saya SMA banyak yang bilang “buat apa kuliah ,nanti juga palingan nganggur”,menurut saya orang-orang yang berfikir seperti itu adalah orang yang memiliki pemikiran yang kuno ,dan menurut saya banyak kok yang menjadi sukses,dan hal tersebut tergantung dari doa dan juga usaha masing-masing.

Maka, untuk kalian yang mungkin mempunyai pengalaman seperti saya …saya berharap jangan putus asa ,tetap semangat,dan walaupun tugas masih ngantri…semangant terus,banyak orang yang menginginkan berada diposisi kalian saat ini,mungkin bukan hanya satu atau dua orang ,tapi bahkan ribuan orang,jadi tolong jangan sia-siakan waktu ,gunakan waktu kalian untuk hal yang positif.

Sekian curhat akademik saya…semangatt !!.
wasallamualaikum wr.wb

1 Like