Kepedulian pada teman

Membantu Teman
images
Sumber : https://www.kimidha.com/2019/05/tips-berpuasa-untuk-anak-kecil.html

Haida, salwa, zaky, dan rizwa, mereka adalah sahabat baik yang selalu bergurau dan bermain bersama-sama, di sekolah maupun di rumah. Pada suatu hari setelah mereka pulang sekolah, mereka ber empat membuat janji untuk bermain bersama-sama setelah pulang sekolah. Merekapun setuju dengan janjinya. Mereka akan bermain di tanah lapang yang menurut mereka aman, sebab jauh dari pengendara sepeda motor ataupun mobil. Rumah salwa paling dekat dengan tanah lapang yang akan di gunakan untuk mereka bermain, jadi salwa menunggu teman-teman yang lain dirumahnya.

" Teman-taman, nanti kita pergi bermain yuk" kata haida. " Oke nanti kita sehabis pulang sekolah kita bermain" Jawab rizwa. " Nanti kita bermain di tanah lapang dekat dengan rumah salwa ya" kata haida. Oke siap nanti aku tunggu di rumah ya teman-teman" kata salawa.

Agar mereka dapat datang secara bersama-sama, maka haida yang rumahnya sedikit jauh dengan tanah lapang, maka haida pergi lebih awal untuk menjemput atau mengajak rizwa untuk pergi bersama-sama. Kemudian mereka ke rumah zaky untuk menjemput zaky berangkat bermain bersama-sama.

" Rizwa… Rizwa…" Haida memanggil rizwa". " Iyaa… Sebentar…" saut rizwa. " Mari kita berangkat untuk menjemput zaky" kata haida. “Oke… Ayo berangkat” kata rizwa. Sesampainya di rumah zaky haida memanggilnya. “Zaky… Zaky…”. Eh iyaa… Sebentar tunggu…“. Jawab zaky. " Iya kami tunggu” jawab rizwa.

Mereka pun berjalan bersama-sama menuju tanah lapang. Karena rumah salwa dekat dengan tanah lapang yang akan di gunakan untuk bermain mereka jadi ketika mereka bertiga sampai maka salwa menghampiri mereka. Setelah sampai di tempat bermain mereka pun beristirahat sebentar sebelum mereka memulai bermain. Sambil istirahat mereka ber empat bebicara tentang apa yang akan mereka lakukan. Dan akhirnya zaky mengajak salwa untuk bermain bola dan rizwa mengajak haida bermain masak-masakan di bawah pohon yang teduh. Mulailah mereka bermain sesuka hati dan bergembira.

“Akhirnya kita sampai juga ya” kata rizwa. “Iya, capek sekali rasanya” jawa zaky. “Tidak apa-apa, kita istirahat dulu aja sebentar” kata haida. “Kita mau bermain apa ya teman-teman” kata zaky. “Aku ikut denganmu saja zak” kata salwa. “Okelah, kalo begitu gimana kalo kita berdue bermain bola dan haida sama rizwa bermain sesuka kalian”. Oke, aku mau" jawab salwa. “Okelah kalau begitu kamu kan bermain masak-masakan saja”. “Oke” jawab rizwa.

Tidak lama kemudian tiba-tiba zaky tersandung rumput dan terjatuh, sehingga membuat kedua kakinya terluka dan berdarah. Salwa pun berhenti bermain bola dan menolong zaky. Haida dan rizwa pun berlari menghampiri zaky.

“Aww…” teriak zaky. “Zaky… Owh… Kakimu terluka zaky” kata salwa. “Tunggu lah disini zaky aku akan mengambilkan obat untukmu”. “Baiklah” jawab zaky. " Zaky bagaimana?" Tanya haida dan rizwa. “Tidak apa-apa kok salwa akan mengambilkan obat untukku di rumahnya” kata zaky. “Baiklah mari kami bantu ke tempat yang teduh” kata rizwa.

Kemudian salwa yang rumahnya dekat dengan tempat bermain, ia pun berlari pulang untuk mengambil kotak P3K atau kotak peralatan medis untuk mengobati kaki zaky yang berdarah. Haida dan rizwa pun membantu zaky menuju tempat yang teduh sambil menunggu salwa yang sedang mengambilkan obat tersebut. Dan ketika salwa datang haida dan rizwa pun membantu zaky mengobati luka di kakinya. Setelah kejadian zaky terjatuh, sehingga mereka mengakhiri bermainnya. Dan memutuskan untuk pulang kerumah masing-masing. Karena haida dan rizwa pulang melewati rumah zaky sehingga mereka ber dua membantu zaky untuk sampai kerumah. Dan mereka pun akan bermain kembali setelah zaky sudah membaik.

Jadi dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa membantu sesama manusia merupakan perilaku yang sangat baik dan terpuji. Sebab semua manusia ini tidak dapat hidup tanpa bantuan krang lain. Dan menjadi orang yang peduli dan saling membantu merupakan hal yang sangat baim dan dapat dijadikan contoh untuk orang lain. Sebab membantu teman atau orang lain tidak akan merugikan kita, tetapi sebaliknya, kita akan mendapatkan teman yang lebih banyak, sebab perilaku baik tersebut.

Tema : Kepedulian
Tokoh :

  1. Haida : berkarakteristik orang yang memiliki rambut panjang berkuncir, berkulit putih, baik dengan semua orang
  2. Salwa : berkarakteristik tubuh tinggi, pintar berolahraga, ceria, dan baik
  3. Zaky : berkarakteristik tubuh sedang, suka membantu, baik, pandai
  4. Rizwa : berkarakteristik orang yang memiliki rambut pendek, suka berbagi, baik
    Latar Tempat : Tanah Lapang
    Judul : Membantu Teman