"Kembali ke Jalan yang Benar"

SS3D
Halo semua! Selamat pagi,siang,sore atau malam. Jadi sebelum panjang lebar kemana mana, alangkah baiknya aku perkenalan dulu. Aku adalah mahasiswa baru program studi Agroteknologi di salah satu universitas top di Solo. Kenapa aku bisa sampai di disini? Awal mula berawal dari hari menuju SBMPTN (yah aku tidak termasuk siswa eligible yang mendapatkan kuota di SNMPTN), pada saat itu aku bingung memilih jurusan kuliah. Yah hingga pada saat pendaftaran UTBK-SBMPTN (itupun mendekati hari terakhir pendaftaran) aku baru memutuskan untuk mendaftar di program studi Ilmu Hukum, aku memilih itu karena entah kenapa aku merasa kalau lulusan di jurusan Hukum itu aku merasa keren gitu. Aku mendaftar itu di Universitas Jogja yang kampusnya berdekatan dengan UNY (tau sendiri lah ya) dan di kampus yang sekarang ini.
Hari hari berlalu hingga pada akhir nya hari pengumuman UTBK-SBMPTN tiba. Aku ingat betul saat membuka pengumuman itu pada saat selesai sholat Ashar. Aku sangat percaya diri saat membuka penguman itu. Aku merasa sangat percaya diri karena untuk persiapan tempur SBMPTN itu aku sudah kerahkan semuanya, mulai dari belajar, ibadah, dll. Pengumuman aku buka, dan yah kalian tau sendiri, hasilnya nihil. Aku belum berkesempatan kuliah di kampus itu. Sedih, kecewa? Pasti! Tapi pada saat itu aku coba bangkit lagi, mencoba berpikir positif. “Kalah menang dalam suatu pertandingan itu biasa, yang luar biasa itu bagaimana cara kita bangkit dari kekalahan itu”, setelah tau tidak diterima, malamnya aku langsung mendaftar seleksi mandiri di dua kampus yang sama seperti pilihan di SBMPTN dan di jurusan yang sama.
Entah kenapa aku rasanya masih pengen memperjuangkan jurusan hukum dan di kampus itu. Seleksi mandiri saat itu yang aku ikuti yaitu Seleksi mandiri UNS dan UTUL UGM. Satu persatu ujian aku lalui, kata perkata aku baca, Klaten-Jogja aku tempuh demi mengejar kampus impianku itu. Hari pengumuman seleksi mandiri UNS telah tiba. Saat itu setelah bangun tidur sebelum subhuh itu aku buka handphone dan melihat di Instagram UNS bahwasanya pengumuman telah bisa diakses. Bergegas aku langsung membuka pengumuman itu. Entah kenapa saat membuka pengumuman itu, aku malah sedikit ada rasa keraguan karena saat mengerjakan ujian mandiri UNS pada saat itu aku kehabisan waktu.
Pengumuman aku buka,dan hasilnya nihil lagi. Lagi-lagi aku ketolak di UNS. Pada saat itu aku lihat dibawah tulisan “TIDAK LOLOS” itu ada tulisan bahwasanya UNS membuka seleksi mandiri gelombang 2. Entah ada insting, aku merasa ada kesempatan lagi, akhirnya aku mendaftarlah lagi di ujian mandiri UNS gelombang 2. Singkat cerita setelah pengumuman ujian mandiri UNS gelombang 1 itu aku belum ujian UTUL, dan hasil utul itu aku juga tidak lolos. Masih ada kesempatan satu lagi dan itu kesempatan terakhirku memperjuangkan PTN. Saat seleksi mandiri gelombang 2 itu aku memasukkan 2 pilihan prodi yaitu hukum (lagi-lagi) dan Agroteknologi (entah kenapa setelah aku melihat di daftar prodi itu aku langsung kepincut, tapi dari SMP dulu aku juga suka pelajaran biologi). Ujian aku lalui dan hingga tiba saat pengumuman dan akhirnya aku lolos di pilihan kedua. Kalau teman-teman sekitarku bilangnya “kembali kejalan yang benar”, itu karena dari dulu aku suka mapel biologi.