Kebiasaan Begadang pada Pelajar dan Mahasiswa

IMG_20211215_223800
cnnindonesia.com

Tidur merupakan kebutuhan penting yang diperlukan oleh tiap orang. Tidur menjadi salah satu cara untuk melepas rasa penat tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Waktu tidur berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Jika waktu tidurnya cukup maka kualitas tidurnya dapat dikatakan baik, begitupun sebaliknya. Namun banyak orang yang mengabaikan hal tersebut khususnya pada pelajar atau mahasiswa. Biasanya mereka akan begadang karena mengerjakan tugas yang menumpuk begitu banyak ditambah dengan tenggat waktu pengumpulan yang dekat. Banyak yang tidak sadar jika begadang ini sudah menjadi suatu kebiasaan atau hal yang umum untuk dilakukan. Padahal begadang merupakan kebiasaan buruk yang memiliki dampak besar terhadap kesehatan seseorang.

Begadang memiliki dampak negatif yang lebih banyak dibandingkan dengan dampak positifnya. Walaupun kebiasaan ini membuat seseorang dapat berpikir lebih kreatif dan mendapatkan ketenangan di malam hari, namun begadang dapat menyebabkan kesehatan fisik dan mental menurun. Banyak dampak negatif yang timbul dari tidur terlalu larut malam seperti sulit untuk berkonsentrasi, badan mudah sakit dan pegal, daya ingat berkurang, siklus kerja tubuh terganggu, dan dapat menimbulkan gangguan kecemasan. Terlebih para pelajar dan mahasiswa biasanya begadang dengan ditemani oleh kopi atau minuman yang mengandung kafein agar tetap terjaga dari rasa kantuk. Padahal kebiasaan ini mempunyai resiko tersendiri yang mengancam kesehatan tubuh. Apalagi jika tidak diimbangi dengan air putih serta asupan gizi yang cukup maka kesehatan tubuh akan semakin terganggu.

Pelajar dan mahasiswa seharusnya tidak melakukan kebiasaan begadang secara terus menerus. Meskipun tugas yang dimiliki sangat banyak atau karena ada keperluan lain yang memang diharuskan untuk begadang tetap saja kesehatan tubuh harus diperhatikan. Jika ingin begadang maka diusahakan agar tubuh tidak dipaksa untuk terus terjaga saat sudah sangat letih atau mulai merasa sakit. Selain itu, sebaiknya tidak begadang hingga menjelang pagi tanpa tidur sama sekali. Hal itu sangat berbahaya bagi tubuh. Jika ingin begadang maka diimbangi juga dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Walaupun begadang boleh dilakukan alangkah lebih baik jika membentuk rutinitas harian agar pelajar dan mahasiswa tidak perlu sampai begadang. Contohnya seperti membuat jadwal pengerjaan tugas, menentukan hal yang menjadi prioritas, dan membuat target penyelesaian agar waktu dapat termanajemen dengan baik sehingga tidak perlu mengambil waktu di mana tubuh perlu untuk istirahat.