Keadaan Pengajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekarang

0001-15222406466_20211224_073744_0000

Hai sobat mijil? Apakah kalian tahu tentang keadaan pengajaran bahasa Indonesia pada masa kini? Nah pada kali ini kita akan membahas topik seputar bagaimana keadaan pengajaran bahasa Indonesia pada masa kini secara lebih lanjut.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang umum digunakan masyarakat dalam berinteraksi. Pemahaman akan bahasa sebagai fungsi sosial merupakan hal utama yang digunakan manusia untuk menerapkan interaksi sosial antar sesama. Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa Indonesia pada zaman sekarang ini, perlu dipelajari serta dijaga ke eksistensianya terutama kepada setiap warga negara Indonesia. Bahasa Indonesia penting dipelajari oleh setiap kalangan masyarakat Indonesia karena mempunyai peran penting dalam dalam membentuk karakter serta kepribadian kita sebagai warga negara Indonesia (Mutsyuhito, 2010). Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus senantiasa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam ucapan maupun tulisan.

Pada masa sekarang dalam sebuah pembelajaran, diperlukan sebuah kurikulum sebagai pedoman dalam pelaksanan pembelajaran. Kurikulum adalah rencana keseluruhan yang berkaitan dengan rancangan pengajar dalam suatu pembelajaran yang disajikan dengan tujuan agar tercapainya hasil dari suatu pembelajaran (Erlina, 2016). Dengan adanya Kurikulum maka evaluasi terhadap suatu pengajaran akan diketahui melalui tingkat keberhasilan. Maka dari itu untuk melaksanakan suatu pengajaran atau pembelajaran diperlukan sebuah perencanaan yang berpedoman terhadap kurikulum yang berlaku.

Berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum yang berlaku, pengajaran bahasa Indonesia dihadapkan dengan perencanaan pengajaran yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang meliputi ejaan, kosa kata, kalimat hingga wacana. Sejalan dengan kurikulum yang berlaku, sebagai sarana keilmuan, peningkatan fungsi dalam bahasa Indonesia harus terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Berkaitan dengan hal ini, pengajaran bahasa Indonesia harus mengalami peningkatan dari segi mutu dan kualitas dalam pengajaran di lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi. Namun, seiring dengan berjalanya waktu, justru bahasa Indonesia dihadapkan dengan banyak masalah. Timbul Pertanyaan mengenai eksistensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di masa sekarang.

Melihat persoalan di atas, perlu ditegaskan bahwa pengajaran bahasa Indonesia sangat penting untuk diajarkan. Perlu upaya pembelajaran agar pemakaian bahasa Indonesia tidak berseberangan dengan kaidah yang berlaku yaitu dengan mengajarkan bagaimana penggunaan bahasa yang baik dan benar. Pembelajaran bahasa Indonesia tidak akan terlepas dari 5 kemampuan umum yaitu membaca, menulis, menyimak, berbicara dan kemampuan bersastra. Untuk itu kelima aktivitas tersebut perlu ditekankan kepada siswa maupun mahasiswa pada setiap pembelajaran, terutama aktivitas membaca. Dengan membaca akan membuat mahasiswa terlatih dalam mengingat bacaan, memahami bacaan, meneliti kata-kata yang sesuai dengan kaidah kebahasaan serta dapat mengetahui makna dan istilah dari apa yang diucapkan atau dituliskan.

Referensi :

Solin, M. (2010). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Bahas, 20(03).

Setiawati, L. (2015). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan, 16(1), 65-73.

Erlina, E. (2016). Kurikulum Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 151-174.

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 9(18).

1 Like