Daring di rumah selama covid-19

Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat COVID-19) di seluruh dunia untuk semua Negara. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus jenis baru yang diberi nama SARS-CoV-2.Wabah COVID- 19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. pada tanggal 1 Desember 2019, dan dietapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020. Hingga 14 November 2020, lebih dari 53.281.350 orang kasus telah dilaporkan lebih dari 219 negara dan wilayah seluruh dunia, mengakibatkan lebih dari 1.301.021 orang meninggal dunia dan lebih dari 34.394.214 orang sembuh. Virus SARS-CoV-2 diduga menyebar di antara orang-orang terutama melalui percikan pernapasan (droplet) yang dihasilkan selama batuk Percikan in juga dapat dihasilkan dari bersin dan pernapasan normal. Selain itu, virus dapat menyebar akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah seseorang. Penyakit COVID-19 paling menular saat orang yang menderitanya memiliki gejala, meskipun penyebaran mungkin saja terjadi sebelum gejala muncul.

Periode waktu antara paparan virus dan munculmya gejala biasanya sekitar lima hari, tetapi dapat berkisar dari dua hingga empat belas hari. Gejala umum di antaranya demam, batuk, dan sesak napas. Tidak ada vaksin atau pengobatan antivirus khusus untuk penyakit ini. Pengobatan primer yang diberikan berupa terapi simtomatik dan suportif. Langkah-langkah pencegahan yang direkomendasikan di antaranya mencuci tangan, menutup mulut saat batuk, menjaga jarak dari orang lain, serta pemantauan dan isolasi diri untuk orang yang mencurigai bahwa mereka terinfeksi.

Pandemi covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di indonesi lebih dikenal sebagai physical distancing (menjaga jarak ) untuk meninimalisir persebaran covid -19. Jadi, kebijakan ini di upayakan untuk memperlambat laju persebaran virus corona di tenggah masyarakat. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan ( kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar di rumah.

SMA NEGERI 1 NOGOSARI, atau yang bisa di sebut SMANSA merupakan salah satu sekolah menengah Atas Negeri yang ada di kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tenggah, Indonesia.

SMANEGERI 1 NOGOSARI adalah sebuah lingkunggan dimana siswa mendapat segala ilmu pemgetahuam, norma, dan etika dalam kehidupan yang tidak lupa akan pentinggnya sebuah tanggung jawab.

Sama dengan sekolah pada umumnya di Indonesia, masa Pendidikan sekolah di SMA NEGERI 1 NOGOSAR di tempuh dalam waktu tiga tahun pelajara, mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII. Pada masa seperti ini sekolah SMA NEGERI 1 NOGOSARI pun melakukan pembelajaran online.

Melalui pembelajaran daring dan disusul peniadaan Ujian Nasional untuk tahun 2021/2022. Pemberlakuan kebijakan physical distancing ( menjaga jarak ) yang kemudia menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan secara tiba tiba, tidak arang membuat pendidikan dan siswa kaget termasuk orang tua bahkan semua orang yang berada dalam rumah.

Pembelajaraan teknologi informasi memang sudah diberlaukan dalam beberpa dalam beberapa tahun terakhir dalam system pendidiksn di Indonesia. Namun, pembelajaraan daring yang berlangsung sebagai kejutan dari pandemic Covid – 19, membuat kaget hamper di semua kini, dari kabupaten/kota, provinsi, pusat dahkan dunia internasional.

Jadi, kendala- kendala itu menjadi catatan penting dari dunia Pendidikan kita yang harus mengajar pembelajaraan daring secara cepat. Padahal, secara teknis dan system belum semuanya siap. Dari tantangan- tantanggan itu, kita harus berani melangkah untuk menjadikan pembelajaraan online sebagai kesempaan mentransformasi pendidikan kita.

Pandemi Covid-19 memang menjadi efek kejut bagi kita semua. Dunia seolah melambat dan bahkan terhenti sejenak. Negara-negara besar dan modern terpukul dengan sebaran Virus Corona yang cepat, mengakibatkan ribuan korban meninggal yang tersebar di berbagai negara. Indonesia mendapatkan banyak tantangan dari Covid-19 in, yang membuat kita semua harus bersama-sama saling menjaga.