Dampak buruk begadang bagi kesehatan tubuh

Sumber: (Sapitri, 2022)

Gak bisa tidur??

Insomnia???

banyak tugas??

Yapss begadang adalah solusinya, siapa sih disini yang ga pernah begadang, pastinya sudah pada ngerasain namanya begadang alias gak tidur saat malam hari atau gak tidur sampai larut malam. Padahal sebagai manusia yang normal tidur sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk bisa menjalankan aktivitasnya secara efisien (Purnama, 2021). Pola tidur normal yang harus dijalankan manusia dewasa muda (usia 18 sampai 40 tahun) tidak jauh berbeda dengan jam tidur usia remaja yaitu sekitar 7-8 jam sehari (Mubarak, 2008), tetapi tidak heran kalau kenyataannya banyak sekarang yang memang sengaja tidak tidur karena ada kegiatan yang kurang penting seperti; nonton drakor, anime, sleep call sama pacar dan masih banyak lagi (Purnama, 2021).

Begadang, sekarang seolah menjadi hal yang biasa. Mulai dari tuntutan pekerjaan, sekolah, orang gabut, dan lain-lain. Meskipun memang begadang seolah menjadi kegiatan yang enteng, tetapi nyatanya kebiasaan begadang membuat kesehatan tubuh dan otak menurun loh (Purnama, 2021).

Begadang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dan disebabkan oleh rusaknya sistem imun. Tubuh juga perlu istirahat, apabila tidak beristirahat organ-organ tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. Hal inilah yang akan menimbulkan resiko penyakit seperti depresi, stress, penyakit jantung, stroke dan diabetes (Green, 2012). Nahh dari pernyataan di atas jelas bahwa, kurang tidur atau begadang beresiko buruk bagi tubuh, dikarenakan banyaknya organ tubuh di dalam diri manusia yang tidak bisa berjalan dengan efisien.

Begadang juga sangat banyak menyita waktu apalagi jika begadang itu sama sekali tidak ada manfaatnya seperti yang dikutip dalam lagu Rhoma Irama (1937) ”begadang boleh saja asal ada artinya”. Kurangnya jam tidur telah terbukti dapat mengakibatkan siklus hormon dan metabolisme menjadi tidak seimbang (Green, 2012). Mungkin kebanyakan orang yang baru begadang satu sampai 2 hari tidak akan terasa dampaknya, tetapi jika begadang tersebut sudah sampai satu sampai dua bulan pasti akan menimbulkan dampak yang buruk bagi efektifitas kinerja tubuh seperti misal merasa letih, lemas,kantung mata menghitam, kepala merasa pusing, badan menjadi tidak segar, dan merasa pegal-pegal (Purnama, 2021).

Apa saja dampak buruk yang akan kita dapat jika terus begadang bagi Kesehatan? Berikut ulasan dari laman Bestlife dan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Nursyamsiyah, 2021).

  1. Kehilangan Libido

Akibat buruk begadang yang pertama adalah kehilangan libido atau libido menurun, kasus ini bisa dialami oleh pria maupun wanita. Kasus untuk wanita sendiri adalah kurang lebih seperti PMS, yaitu mudah marah dan kurang bisa mengontrol emosi. Sementara bagi pria, kurang tidur bisa menyebabkan hormon testosteron menurun secara drastis.

  1. Resiko Besar Terserang Diabetes

Ketika tubuh tidak mendapat asupan tidur yang cukup, maka tubuh akan menyeimbangkannya dengan mengeluarkan hormon stres tingkat tinggi seperti kortisol untuk membuat tubuh tetap waspada. Jika ini diteruskan maka akan berakibat sangat buruk bagi tubuh dan kesehatan. Menurut studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal Of Clinical Endocrinology & Metabolism, kurang tidur akan membuat kurang sensitif terhadap efek insulin, sehingga akan menyebabkan penumpukan glukosa dalam aliran darah sehingga meningkatkan resiko diabetes

  1. Menghambat Penyembuhan Saat Sakit

Tidur yang bagus dan berkualitas tentunya bagian dari proses penyembuhan alami yang akan dilakukan oleh tubuh. Tetapi saat orang yang sakit melakukan begadang maka hal yang akan terjadi pada tubuh saat sakit adalah lambatnya proses penyembuhan, sehingga penyembuhan tubuh tidak bisa berjalan dengan cepat seperti saat melakukan tidur secara normal.

  1. Melemahkan Otak

Saat tubuh lelah dikarenakan begadang sering kali otak akan bergerak lebih lambat, sehinggaotak lambat dalam menerima informasi. Akibat buruk begadang bagi kesehatan akan menurunkan fungsi otak. Hal ini berkaitan dengan konsentrasi, perhatian, fokus, dan respon hingga kecerdasan emosional. Selain itu ternyata begadang juga bisa membuat seseorang lambat dalam mengambil dan memecahkan keputusan (Nursyamsiyah, 2021).

Nah itulah beberapa dampak buruk jika terlalu sering melakukan begadang. Jaga diri masing-masing dengan tidak melakukan begadang jika memang tidak dalam posisi terpaksa. Semoga beberapa dampak buruk begadang di atas bisa mengedukasi kita bersama untuk bisa mengurangi bahkan bisa menghilangkan begadang dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Green, W. (2012). 50 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini Untuk Mengatasi Insomnia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Mubarak, W. I. (2008). Buku ajar kebutuhan dasar manusia: teori dan aplikasi. Jakarta:EGC.

Nursyamsiyah, R. (2021). Efek Begadang yang Buruk bagi Kesehatan. 19 Maret 2021. Efek Begadang yang Buruk bagi Kesehatan

Purnama, M. D. W. (2021). Negative impact of staying up late for health. Jurnal Studi Keperawatan, 2(1), 1–3. Jurnal Studi Keperawatan

Sapitri, E. (2022). “Benarkah Sering Begadang Mengakibatkan Sulit Bertemu Jodoh? Simak Penjelasan Lengkap dari Ahli.” 11 Juli 2022. Benarkah Sering Begadang Mengakibatkan Sulit Bertemu Jodoh? Simak Penjelasan Lengkap dari Ahli - Pangandaran Talk