Coretan Perasaan Hobiku

Screenshot_20211212-175557~2

Menulis menjadi salah satu kegemaran seseorang, termasuk kegemaran saya. Bisa dibilang hobi sejak lama yang saya lakukan. Menulis dipandang mudah oleh kebanyakan orang, namun nyaatanya tidak kalu kita takt ahu struktur dan alurnya dengan benar. Banyak yang harus kita ketahui sebenarnya, agar tulisan atau karya kitab isa menarik dan dinikmati banyak orang. Salah satu kegemaran saya dalam menulis yaitu menulis puisi.

Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Penulisan puisi dilakukan dengan bahasa yang cermat dan pilihan kata yang tepat, sehingga meningkatkan kesadaran orang akan pengalaman dan memberikan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan pemaknaan khusus. Puisi mengandung seluruh unsur sastra di dalam penulisannya. Perkembangan dan perubahan bentuk dan isi pada puisi selalu mengikuti perkembangan selera, perubahan konsep estetika dan kemajuan intelektual manusia. Puisi mampu membuat ekspresi dari pemikiran yang mempengaruhi perasaan dan meningkatkan imajinasi panca indra dalam susunan yang berirama. Penyampaian puisi dilakukan dengan bahasa yang memiliki makna mendalam dan menarik. Isi di dalam puisi merupakan catatan dan perwakilan dari pengalaman penting yang dialami oleh manusia.

Dengan menulis puisi saya dapat menggambarkan perasaan saya saat itu juga. Banyk kejujuran yang tertulis dengan nyata. Dengan puisi perasaan kita tersalurkan tanpa diketahui orang lain. Banyak manfaat yang akan didapat kalau kita mau menulis puisi selain mengungkapkan perasaan kita. Salah satunya bisa puisi yang kita tulis bisa diterbitkan menjadi buku atau dengan dipost disosial media kita seperti dalam blog agar banyak yang menikmati. Sehingga akhirnya kita juga bisa mendaptkan uang dari karya puisi kita tersebut.

Terdapat ragam atau jenis puisi yaitu puisi lama dan puisi baru. Puisi lama contohnya syair dan gurindam. Sedangkan puisi baru yaitu balada, himne, ode, epigram, romansa, elegi dan satire. Saya banyak menulis puisi dengan jenis puisi baru seperti puisi romansa, elegi, ode, balada dan himne. Dapat berpuisi yang baik dan benar, serta menjadi penulis yang hebat dan mumpuni merupakan salah satu impian saya.

Sebenarnya tak hanya puisi yang saya sukai dalam menulis karena masih ada yang lainnya. Berusaha melakukan yang terbaik dalam menjalani hobi menulis sedang saya kembangkan saat ini. Percaya dan yakin itu kuncinya. Tak ada yang salah dalam kita memiliki hobi asalkan itu baik dan benar. Jadi, semangat kawan dalam menjalani hobi kalian dan kembangkan dengan maksimal.

1 Like