Cara Sukses Dalam Penjualan Dari Memahami Pelanggan

Setiap pelanggan tentu memiliki karakter atau perilaku yang beragam sehingga Anda tidak bisa menerapkan satu jenis pelayanan bagi semua orang. Dengan memahami pelanggan, Anda juga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan mampu memberikan tanggapan yang tepat saat berkomunikasi atau bertransaksi. Misalnya, jika pelanggan Anda merupakan orang yang teliti, maka Anda perlu bersikap ramah dan bersabar untuk menjawab setiap pertanyaannya sehingga ia merasa puas dan memutuskan untuk membeli produk Anda berkat pelayanan yang memuaskan.

Memahami pelanggan dengan lebih baik memang tidak mudah, terlebih di tengah arus digitalisasi yang semakin membuat orang sulit bertatap muka secara langsung dan melihat bagaimana perilaku kedua belah pihak saat bertransaksi. Berikut caranya,

Tingkatkan Empati

Meningkatkan empati Beginilah cara memahami pelanggan pertama. Pelanggan biasa cenderung setia pada merek atau produk yang dapat mengidentifikasi masalah dan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, tingkatkan empati Anda sebagai pelaku bisnis dengan memperlakukan masalah atau kebutuhan mereka sebagai masalah Anda sendiri.

Jika pelanggan mengajukan pertanyaan atau kebutuhan, segera berikan produk atau layanan yang sesuai sebagai solusi. Dengan cara ini, pelanggan akan merasa dipahami, sehingga mereka memutuskan untuk berlangganan produk atau layanan Anda.

Sediakan Informasi

Berikan informasi Sebagian besar pelanggan membutuhkan informasi yang lengkap tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha. Namun mereka juga ingin mendapatkan informasi tersebut dengan mudah dan cepat, sehingga Anda perlu menyediakan berbagai informasi lengkap yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Misalnya, Anda dapat memposting informasi populer (seperti nomor kontak, email, metode pemesanan, dll.) di media sosial atau situs web.

Beri Plilihan

Beri pilihan Apakah Anda pasti ingat bahwa pembeli adalah raja? Oleh karena itu, jangan sampai Anda mendominasi pembicaraan saat bertransaksi dan memberikan pilihan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Hindari memaksakan produk pada mereka, bahkan jika Anda tahu Anda membutuhkannya.

Tunjukkan Apresiasi

Mengungkapkan penghargaan Jika Anda diperlakukan dengan baik, semua orang akan senang. Untuk itu, pastikan Anda bersikap ramah kepada pelanggan Anda dan mengungkapkan rasa terima kasih Anda sebagai penjual atau pelaku komersial dengan selalu menyapa pelanggan, menanyakan kebutuhan mereka, memberikan saran yang sesuai, dan berterima kasih atas kunjungan atau belanja mereka di toko Anda.

Libatkan Pelanggan

Menarik pelanggan Bisnis lebih dari sekedar transaksi jual beli, setelah itu tidak ada lagi hubungan antara pelaku bisnis dengan pelanggan. Apalagi dalam kegiatan bisnis, pelanggan memiliki tempat sendiri untuk berpartisipasi dalam proses bisnis.

Cobalah untuk melibatkan pelanggan dalam aktivitas bisnis Anda dengan secara teratur melakukan survei kepuasan pelanggan atau memberikan suara pada pelanggan ketika mereka menghasilkan produk baru. Dengan cara ini, pelanggan akan merasa menjadi bagian dari produk atau bisnis Anda.

Tempatkan Diri Anda pada Posisi Pelanggan

Dari sudut pandang pelanggan Mengetahui pelanggan Anda mengharuskan Anda untuk hati-hati memeriksa titik kontak antara pelanggan Anda dan bisnis Anda. Ini dapat mencakup pertemuan dan kunjungan, panggilan telepon, komunikasi, dan pengiriman.

Mengetahui pelanggan Anda dan meningkatkan layanan Anda harus menjadi fokus bisnis Anda. Dari direktur hingga personel pengiriman, setiap orang harus fokus untuk melampaui harapan pelanggan.

Gunakan data untuk memahami pelanggan Anda

Menyelidiki data pelanggan yang Anda miliki dapat memberi tahu Anda lebih banyak. Cari pola sehingga Anda dapat melihat saat pelanggan memesan. Anda juga dapat menggunakan data ini untuk menganalisis kinerja pekerjaan yang Anda lakukan. Periksa kecepatan respons Anda terhadap pesanan atau kecepatan pengiriman.

Sistem manajemen hubungan pelanggan lebih kompleks daripada milis. Karena mereka menyimpan informasi tentang perilaku dan preferensi pelanggan, mereka dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif, memungkinkan Anda untuk melakukan up-sell dan cross-sell, dan meningkatkan profitabilitas.

Berikut adalah cara – cara memahami pelanggan agar dapat memenangkan pasar . Memahami perilaku konsumen adalah hal yang penting untuk memajukan bisnis Anda. Sebab, konsumen yang merasa puas dengan produk dan pelayanan Anda akan menjadi lebih loyal sehingga omzet penjualan bisa tetap tinggi.

5 Likes