Bukan Tumbuhan Bukan Hewan Tetapi Sangat Menawan Bagi Masa Depan

 Alga merupakan kelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. Alga bahkan dapat dianggap tidak memiliki organ seperti yang dimiliki tumbuhan seperti akar, batang, daun, dan sebagainya. Karena itu alga pernah digolongkan pula sebagai tumbuhan bertalus. Alga sudah dikonsumsi sebagai makanan sejak 14000 tahun yang lalu, hal ini dibuktikan dengan penemuan arkeologi di negara chile, dan beberapa bukti tertulis dari china yang ditulis pada tahun 300 masehi. Dengan pertumbuhan populasi manusia yang sangat cepat maka dibutuhkan sumber makanan yang banyak pula untuk mengimbangi kebutuhan manusia yang sangat banyak, dengan alga dapat diharapakan untuk mengurangi dampak yang diberkan oleh pertumbuhan populasi manusia 
      Alga memperoleh makananya dengan cara berfotosintesis bukan hanya tanaman saja yang bisa berfotosintesis ternyata makhluk hidup yang bukan termsuk hewan maupun tumbuhan ini juga bisa melakukan fotosintesis. Tak hanya itu alga merupakan penghasil oksigen yang lebih besar daripada hutan hujan pikirkan saja hanya 29% lahan yang tersedia di bumi adalah daratan tentu saja alga yang hidup di air memiliki daya penghasil oksigen yang lebih besar daripada pohon. Namun sayang, banyak yamg kurang mengapresiasi alga sebagai penghasil oksigen meskipun hutan juga sangat penting untuk menjaga kelestarian bumi alga juga sangat penting untuk menghasilkan oksigen dan mengikat karbondioksida yang menjadi momok utama untuk menjaga suhu bumi tetap stabil. 

Dengan majunya terknologi, budidaya alga menjadi lebih mudah, sehingga berpotensi untuk mempermudah untuk mendapat produk produk berbasis alga. Produksi alga bisa dilakukan hampir dimana saja dan pada musim apa saja karena alga tidak terikat musim ataupun memerlukan tempat yang besar untuk diproduksi. Maka dari itu alga bisa menjadi salah satu sumber potensi penghasil bahan makanan. Produksi alga tidak membutuhkan banyak tempat sehingga bisa dilakukan di perkotaan yang padat. Seperti yang dilakukan oleh seorang youtuber dai amerika bernama Cody. Dia berhasil membuat prototipe panel alga dari botol bekas dan peralatan lainya yang relatif mudah di dapat, Cody berhasil menghasilkan -+ 10 gram/ hari karena masih dalam tahap prototipe dia berencana meningkatkan skala dan mengembangkanya.

Screenshot_2022-12-15-23-48-40-608_com.vanced.android.youtube

        Gambar panel alga buatan cody. Sumber: https://youtu.be/64cEmjtwRgw 

Alga mengandung kalsium, zat besi, vitamin A, C, dan K yang tinggi, potasium, selenium, dan magnesium. Alga merupakan salah satu sumber yodium alami terbaik, nutrisi yang hilang dari sebagian besar makanan lain, dan juga penting untuk fungsi kelenjar tiroid yang sehat. Alga juga dapat digunakan sebgai pupuk, Alga dapat meningkatkan kandungan karbon organik tanah dengan mengasimilasi karbon dioksida. Sel heterocyst dalam cyanobacteria dapat memfiksasi nitrogen atmosfer dan dengan demikian memenuhi kebutuhan mikro dan makrofauna tanah, flora, dan tanaman sehingga alga sangat bermanfaat bagi tumbuhan.Alga juga dapat berfungsi untuk dijadikan tambahan pakan ternak,alga mrngandung banyak protein dan lemak yang dibutuhkan oleh hewan ternak. alga dapat membantu meningkatkan kesehatan usus hewan ternak alga juga membantu mengaktifkan sistem kekebalan di dalam hewan. Dengan semua manfaat alga dapat membantu meningkatkan kesehatan hewan secara keseluruhan, memperbaiki kulit, bulu, dan kebersihan mulut hewan ternak.
Alga memiliki banyak manfaat seperti sebagai suplemen makanan, sebagai pupuk , sebgai biofuel dan sebagai pakan ternak. Dengan demikian kita dapat simpulkan bahwa alga memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi manusi dan perlu untuk dikembangkan lagi. Alga tidak memerlukan tempat yang besar untuk diproduksi sehingga dapat di lakukan di daerah perkotaan yang umumnya tidak dapat melakukan produksi makanan. Jadi alga mungkin bisa menjadi makanan untuk masa depan yang bisa di produki di tempat yang relatif sempit dan bisa menghasilkan bahan makanan yang sangat bernutrisi.